detikNews
Sabtu 27 Juli 2019, 10:27 WIB

Jokowi Nyatakan Koalisi Sudah Cukup Kuat, Gerindra: Apa Ukurannya?

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jokowi Nyatakan Koalisi Sudah Cukup Kuat, Gerindra: Apa Ukurannya? Ahmad Riza Patria (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan koalisinya sudah cukup kuat. Partai Gerindra mempertanyakan ukuran kekuatan koalisi yang dimaksud presiden petahana itu.

"Kalau itu jangan tanya saya (penambahan koalisi). Tanya Pak Jokowi, ukuran sudah kuatnya apa?" ujar Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria saat dimintai tanggapan terkait kekuatan koalisi Jokowi, Jumat (26/7/2019) malam.


Menurut Riza, dilihat dari jumlah partai politik (parpol), Koalisi Indonesia Kerja (KIK) kuat dari segi jumlah. KIK memiliki sepuluh parpol pendukung, sedangkan Koalisi Adil Makmur hanya punya lima partai pengusung.

"Saya kira apa yang disampaikan Pak Jokowi itu betul aja. Dari segi komposisi, jumlah partai sudah 10. Koalisi Adil Makmur ada 5, 4 di parlemen 1 di luar. Kalau dibandingkan dari segi jumlah, memang banyak di situ," kata Riza.

Riza kemudian menyatakan, dibanding jumlah perolehan suara, koalisi Jokowi juga unggul sehingga menjadi parameter kekuatan koalisi partai pengusung Jokowi-Ma'ruf.

"Dari segi persentase partai pendukung 01 lebih banyak dari 02 dari segi perolehan suara. Jadi berdasarkan parameter tersebut, koalisi pemerintah sudah cukup kuat, kalau melihat perolehan kursi dan perolehan suara dan jumlah partai," lanjutnya.


Lebih lanjut, Riza menilai jumlah partai pendukung Jokowi tidak serta-merta bisa menjamin membawa Indonesia menjadi lebih baik. Menurutnya, pemerintah dan partai pendukung harus mampu mewujudkan visi dan misi untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Tapi kalau bicara kemampuan dalam mengawal, kemampuan membawa Indonesia ke depan yang lebih baik, ukurannya bukan jumlah partai. Ukurannya bukan jumlah suara hasil pilpres, ukuran bukan jumlah kursi di parlemen, tapi ukuran bagaimana pemerintah bersama partai pendukung bisa mengimplementasikan, mewujudkan visi-misi program untuk kepentingan bangsa dan negara," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan belum ada pembahasan secara khusus mengenai penambahan anggota koalisi yang membantunya di pemerintahan. Namun, begitu ditanya mengenai seberapa kuat koalisinya saat ini, Jokowi menegaskan koalisinya sudah cukup kuat.

"Kalau ditanya sudah cukup atau belum, sudah cukup," kata Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat.



Simak Video "TKN Jokowi-Ma'ruf Bubar, Koalisi Melebar?"

[Gambas:Video 20detik]


(lir/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed