detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 12:21 WIB

Polisi Buru 3 Pihak Lain Terkait Pemasok Sabu ke Nunung

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Buru 3 Pihak Lain Terkait Pemasok Sabu ke Nunung Dua napi pemasok sabu ke Nunung ditangkap (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Polisi telah menangkap E alias ERS, pemasok narkotika jenis sabu ke komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung. Polisi terus mengusut jaringan pengedar sabu lain yang terkait kasus Nunung.

"Tim melakukan pendalaman jaringan ini. Jaringan ini dari tersangka E kita berhasil indikasikan kita selidiki diketahui tersangka E yang dulunya DPO ada di Bogor. Dan E ini napi di Lapas Narkotika Klas 2 Bogor," kata Kanit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (25/7/2019).


Setelah berkoordinasi dengan Lapas Bogor, polisi menangkap E pada Minggu (21/7). Pendalaman terus dilakukan, hingga kemudian ditangkap lagi satu napi lainnya berinisial IP.

Polisi menjelaskan IP posisinya ada di atas E. Diketahui, E adalah orang yang menyalurkan sabu kepada Tabu, orang yang menjual sabu kepada Nunung.

Setelah tertangkapnya E dan IP, polisi memburu jaringan mereka.


"Berdasarkan ini kita lihat bahwa E mesan barang ke IP. E jual ke bawah Rp 1,3 (juta) padahal dibeli ke IP Rp 900 ribu. Kita dalami IP ternyata sumber barang milik DPO Zul," kata Calvijn.

Selain Zul, polisi memburu pihak lainnya yakni K dan HT. K adalah orang yang diperintah E dari balik jeruji untuk mengantar sabu kepada Tabu. Sehingga kemudian sabu bisa sampai ke tangan Nunung. Sementara HT diduga berperan sebagai orang yang memegang uang hasil penjualan sabu.


"iIni masih kita buru beberapa DPO lagi ada K, HT, dan Zul. Tim tetep melakukan pendalaman jaringan ini," ujar Calvijn.

Dalam kasus ini, Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap polisi pada Jumat (19/7). Sebelum keduanya dibekuk, polisi sudah lebih dulu menangkap pemasok sabu bernama Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu.
(sam/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com