Bina Marga DKI akan Bangun Ulang Jembatan di Tegal Alur yang Amblas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 23 Jul 2019 10:25 WIB
Jembatan di Tegal Alur Jakbar amblas. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun ulang jembatan di Jalan Kamal Raya, Tegal Alur, Jakarta Barat, yang amblas. Jembatan itu mengalami masalah pada konstruksi bangunannya.

"Jembatan Risma. Jadi kita lagi cek strukturnya. Kelihatannya harus rehab total," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat dihubungi, Selasa (23/7/2019).


Saat rehab total, jembatan akan dirobohkan. Karena itu, kendaraan tidak akan bisa melalui jalan itu selama proses pengerjaan.

"Jadi akan sementara kita tutup. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pengaturan lalin (lalu lintas)," kata Hari.

Saat ini, Dinas Bina Marga masih menyusun konsep pembangunan. Belum diketahui kapan pembangunan akan mulai dikerjakan.

"Karena itu strukturnya, karena itu kan jembatan sudah lama. Bidang Jalan dan Jembatan sedang merencanakan pekerjaannya. Nanti mulai pelaksanaan dikabari. Nanti saya kabari lagi detailnya," ucap Hari.


Sebelumnya, jembatan di Tegal Alur sudah amblas berminggu-minggu. Jembatan sepanjang 20 meter itu amblas sedalam sekitar 10 sentimeter. Di sekitar amblasan dipasang kerucut dan pembatas berwarna oranye (plastic road barrier).

Meski jembatan amblas, warga tetap melintasi jembatan tersebut menggunakan kendaraan bermotor. Warga pejalan kaki juga tampak masih melintasi jembatan itu. (aik/idh)