detikNews
Senin 22 Juli 2019, 12:10 WIB

Bu Dokter yang Gagal Jadi PNS karena Disabilitas akan Ambil Langkah Hukum

Andi Saputra - detikNews
Bu Dokter yang Gagal Jadi PNS karena Disabilitas akan Ambil Langkah Hukum Foto: drg Romi Sofpa Ismael (ist.)
Padang - drg Romi Syofpa Ismael gagal menjadi PNS untuk penempatan di Puskesmas Talunan, Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Merasa didiskriminasikan, drg Romi akan mengambil langkah hukum.

"Ada kebijakan yang sangat diskriminatif dan pertimbangan yang tidak jelas. Kami gagal paham apa yang ditolak untuk mengiliminer. Kalau dibilang sudah sehat, ada keterangan sehat," kata Direktur LBH Padang, Wendra Rona Putra yang menjadi kuasa drg Romi saat dihubungi detikcom, Senin (22/7/2019).

Surat keterangan sehat itu diberikan oleh dua rumah sakit yaitu RSUD M Jamil Padang dan RSUD Pekanbaru. Keduanya menyatakan kondisi yang dialami oleh drg Romi tidak menghalangi melakukan tindakan medis selaku dokter gigi.

"Surat keberatan terhadap bupati tidak dihiraukan. Kami akan melakukan langkah hukum dengan menggugat ke PTUN," ujar Wendra.

Selain menggugat Bupati, pihaknya juga akan mengkaji potensi pelanggaran pidana yang dilakukan Bupati. Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Disabilitas, siapa pun dilarang menghalang-halangi disabilitas untuk mendapatkan hak-haknya, termasuk hak mendapatkan penghidupan.

"Untuk langkah pidananya, masih kami kaji," ujar Wendra.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com