detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 10:15 WIB

Sambut Ulang Tahun Ke-70 PDGI, Masyarakat Bogor Bisa Periksa Gigi Gratis

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Sambut Ulang Tahun Ke-70 PDGI, Masyarakat Bogor Bisa Periksa Gigi Gratis Pelayanan pemeriksaan gigi gratis diselenggarakan PDGI Kota Bogor dan CT Arsa Foundation. (Zakia LF/detikcom)
Jakarta - Menyongsong peringatan hari ulang tahun Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke-70, pelayanan periksa gigi gratis diberikan kepada masyarakat. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut yang selama ini terabaikan.

Kegiatan ini digelar atas kerja sama PDGI Cabang Kota Bogor dengan CT Arsa Foundation. Masyarakat antusias dengan pemeriksaan gigi gratis ini.

"Kegiatan di tahun ini dilaksanakan dalam rangka nanti menyongsong itu. Jadi, kita sudah melaksanakan ini rangkaian kegiatan untuk PDGI Kota Bogor dari tanggal 19. Tanggal 21 ini puncak acara. Ada pemeriksaan gigi gratis oleh mobil Ciptadent dan mobil sehat CT Arsa," kata Ketua PDGI Kota Bogor Margaretha Kurnia di Plaza Balai Kota Bogor, Jl Ir H Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/7/2019).


Dalam kegiatan ini, terdapat dua mobil pemeriksaan gigi, salah satunya berasal dari CT Arsa Foundation. Mobil sehat tersebut pun dibekali dengan dua orang dokter gigi CT Arsa Foundation yang ditemani oleh tiga lainnya dari PDGI Kota Bogor siap untuk memeriksa kesehatan gigi masyarakat Bogor.

Sambut Ulang Tahun ke-70 PDGI, Masyarakat Bogor Bisa Periksa Gigi GratisPelayanan pemeriksaan gigi gratis yang diselenggarakan PDGI Kota Bogor dan CT Arsa Foundation. (Zakia LF/detikcom)

Margaretha mengatakan layanan pemeriksaan gigi gratis ini juga dimaksudkan sebagai kontribusi agar tercapainya visi Indonesia Bebas Karies 2030 yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan. Dalam kesempatan ini, masyarakat dapat mengecek kondisi giginya apakah berlubang atau tidak. Selain itu, jika diperlukan, tindakan dapat dilakukan di mobil sehat yang tersedia.

"Ada dua dokter dari CT Arsa dan dari PDGI juga standby kita tiga dokter. Jadi ada lima dokter di mobil CT Arsa. Pemeriksaan bisa melihat gigi yang berlubang, apakah ada karang gigi, apakah ada penyakit gusi, apakah ada gangguan pertumbuhan," papar Margaretha.


Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim dalam melihat kegiatan ini sebagai sesuatu yang positif dan patut dilanjutkan. Ia bahkan mengapresiasi keikutsertaan CT Arsa Foundation sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan gigi masyarakat Bogor.

"Kalau menurut saya sih ini luar biasa. Apa lagi aktifnya Chairul Tanjung Foundation dalam kegiatan ini menjadi bukti bahwa memang kepedulian tentang upaya pencegahan kerusakan gigi sejak awal itu penting. Apa lagi sekarang ada rangkaian kegiatan yang menarik menurut saya," sebut Dedie Rachim saat ditemui di lokasi yang sama.

Dedie bahkan berharap dapat bekerja sama dengan CT Arsa Foundation untuk menyelenggarakan acara semacam ini ke depannya. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus berlanjut dan dapat menyentuh masyarakat yang terbatas aksesnya terhadap fasilitas kesehatan gigi.

Sambut Ulang Tahun ke-70 PDGI, Masyarakat Bogor Bisa Periksa Gigi GratisPelayanan pemeriksaan gigi gratis diselenggarakan PDGI Kota Bogor dan CT Arsa Foundation. (Zakia LF/detikcom)

"Kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada CT Foundation atas partisipasinya dalam kegiatan ini. Dan berharap agar kerja sama seperti ini bisa ditingkatkan bahkan disebar, kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat di wilayah-wilayah," sambungnya.


Dedie pun optimistis untuk bekerja sama dengan CT Arsa Foundation karena tingginya misi sosial yang dibawanya. Ia juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor dan PDGI Kota Bogor untuk merencanakan program ini.

"Karena CT Foundation ini kan selain mereka juga mempunyai kemampuan untuk membiayai dan punya misi sosial yang tinggi. Saya yakin kalau mereka kita ajak pasti mau," imbuh Dedie.


Senada dengan Wakil Wali Kota Ivone (47) warga Kota Bogor ditemui detikcom setelah melakukan pemeriksaan gigi di mobil sehat CT Arsa pun berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut. Ia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat makin memahami pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

"Ya bagus sih, berarti peduli ke masyarakat yang menengah ke bawah. Harapannya mudah-mudahan ada terus. Ini kan ada dokter gigi supaya masyarakat tidak tahu jadi bersih masalah gigi dari kecil sampai dewasa," kata Ivone (47).
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed