detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 21:05 WIB

Megawati dan SBY Diganjar Anugerah Perlindungan Anak dari KPAI

Ibnu Hariyanto - detikNews
Megawati dan SBY Diganjar Anugerah Perlindungan Anak dari KPAI Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mewakili Megawati menerima penghargaan dari KPAI. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-5 dan ke-6 RI, Megawati Soekarnoputri serta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Megawati dan SBY dinilai sebagai sosok yang berperan dalam melindungi anak Indonesia.

Megawati dinilai sebagai pelopor berdirinya KPAI berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 77 Tahun 2003. Sementara SBY dianggap sebagai presiden yang berperan dalam perlindungan anak dengan kebijakannya, yakni Inpres tentang Gerakan Nasional Anti-kejahatan Seksual terhadap Anak (GN AKSA), perubahan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Menjadi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, hingga UU Pornografi.


"Kami merasakan bahwa apa yang telah dicetuskan oleh presiden ke-5 dan ke-6 memiliki dampak luar biasa bagi ikhtiar perwujudan dan pemajuan penyelenggaraan perlindungan anak di Indonesia," kata Ketua KPAI Susanto di MNC Tower, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Pemberian penghargaan untuk Megawati diwakili oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, sedangkan SBY diwakili oleh putra sulungnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, KPAI memberikan penghargaan kepada 10 kategori. Kesepuluh kategori itu adalah kementerian dan lembaga negara peduli anak, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota peduli anak, lembaga pembinaan khusus anak atau LPKA, serta layanan kesehatan peduli anak. Kemudian lembaga layanan peduli anak, media perlindungan peduli anak, tokoh inspiratif peduli anak, tokoh anak inspiratif, dan lifetime achievement perlindungan anak.

"Mudah-mudahan anugerah KPAI memberikan inspirasi sekaligus menjadi pemacu dan pemicu kemajuan kualitas anak Indonesia menjadi lebih baik dan tentu kita harapkan Indonesia ke depan menjadi Indonesia yang ramah anak," harap Susanto.


Berikut ini daftar penerima Anugerah KPAI 2019:

- Penghargaan Khusus
Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono

- Kementerian/Lembaga Peduli Anak
Mahkamah Konstitusi

- Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Anak
DKI Jakarta

- Pemda Kabupaten dan Kota Peduli Anak
Musi Rawas utara

- Layanan Kesehatan Peduli anak
RSUD Kota Bekasi

- Media Peduli Peduli Anak
Elshinta

- Tokoh Inspiratif Peduli Anak
Mira Lesmana

- LPKA Ramah Anak
LPKA Bandung

- Tokoh Anak Inspiratif
Ridwan

- Lembaga Layanan Peduli Anak
Yayasan Balarenik

- Lifetime Achievement
Titiek Puspa
(ibh/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com