detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 20:11 WIB

NasDem Bingung Gerindra Incar Ketua MPR: Sistemnya Paket!

Rolando F Sihombing - detikNews
NasDem Bingung Gerindra Incar Ketua MPR: Sistemnya Paket! Foto: Sekjen NasDem Jhonny G Plate. (Rolando-detikcom)
Jakarta -



Partai NasDem mempersilakan Partai Gerindra maju dalam bursa pucuk pimpinan MPR. Sekjen NasDem Johnny G Plate mengatakan jika Gerindra mengincar kursi Ketua MPR, harus mengikuti sistem paket.

"(Gerindra) Ya silakan saja itu kan sistem paket. Boleh-boleh saja, UU MD3 ka itu pemilihan ketua MPR RI atas dasar paket, dimana mengharuskan unsur DPD harus ada di dalamnya ya," kata Johnny kepada wartawan di kantor Syndicate, Jalan Wijaya 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).


Johnny memprediksi nantinya akan ada dua paket yang memperebutkan kursi pimpinan MPR. Karena, kursi pimpinan MPR diisi lima orang.

"Saya sih memperkirakan ada 2 paket karena apa? Karena pimpinan MPR itu 5, 4 dari DPR, 1 dari DPD. Jadi kalau satu DPD ke sini 1, DPD kesana ya ada lima-lima, berarti ada 2. Silakan saja bentuk paketnya, menurut saya akan ada 2 paket," kata Jhonny.

Gerindra yang belakangan ini santer memperebutkan kursi pimpinan MPR membuat Jhonny bingung. Pasalnya, rekonsiliasi yang dimaksud selama ini tidak menentu maksudnya.

"Itu pertimbangannya rekonsiliasi kan ada masalah apa harus rekonsiliasi? Yang ada silaturahmi politik untuk bangun negara bersama. Emang kalau Gerindra masuk rekonsiliasi, kalau kami dengan yang lain bukan rekonsiliasi apa? Yang dimaksud apa? Membingungkan saya itu," imbuh Jhonny.


Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid berbicara tentang rekonsiliasi. Menurutnya, rekonsiliasi bisa dimulai dari tingkat wakil rakyat di parlemen dengan menunjuk anggota Dewan dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR 2019-2024.

"Jabatan yang sekarang ramai dibahas dan 'diperebutkan' adalah posisi Ketua MPR. Posisi Ketua MPR ditetapkan melalui pemilihan oleh anggota MPR (berasal dari anggota DPR dan anggota DPD) yang biasa dilaksanakan dengan pengajuan sistem paket," kata Sodik dalam keterangannya, Jumat (19/7).




Tonton Video Prabowo Bentuk Tim Seleksi, Cari Pengisi Kursi Pimpinan DPR:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com