detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 18:04 WIB

Anies: Pencari Suaka Tanggung Jawab UNHCR, DKI Bantu Kemanusiaan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies: Pencari Suaka Tanggung Jawab UNHCR, DKI Bantu Kemanusiaan Anies Baswedan (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tanggung jawab atas pengungsi pencari suaka ada pada UNHCR. Anies mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hanya membantu karena masalah kemanusiaan.

"Sesungguhnya wewenangnya itu ada pada UNHCR, kemudian pemerintah pusat. Tapi Pemprov DKI dengan menggunakan sumber daya yang ada kita menangani sebagai masalah kemanusiaan," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).


Anies mengatakan akan berkoordinasi terkait penolakan yang ada di Jakarta Barat. Namun Anies menyebut tanggung jawab utama pengungsi ada pada UNHCR.

"Kita carikan (solusi), jangan sampai nanti tanggung jawabnya jadi pindah ke Pemprov DKI. DKI ini membantu karena saat ini mereka telantar. Tapi yang harus bertanggung jawab adalah UNHCR," ucapnya.

Anies belum mengetahui hingga kapan akan menampung para pengungsi. Dia akan berkoordinasi dengan UNHCR

"Nanti kita tanyakan ke UNHCR. Kan kami bantu sebatas aspek kemanusiaan," terangnya.


Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta tetap melanjutkan pemberian bantuan logistik untuk para pencari suaka di pengungsian Kalideres, Jakarta Barat. Pemprov DKI belum memberikan batas waktu sampai kapan bantuan logistik akan diberikan.

"Besok masih tetap diberikan suplai logistik. Sekarang tidak bisa berikan batas waktu, mau tujuh hari, mau berapa hari, belum. Sekarang, kita masih suplai logistik. Bagaimana lusa? Kita pikirkan besok," ucap Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, saat dihubungi, Rabu (17/7).


Dinas Sosial DKI memberikan 1.200 porsi makan dalam satu waktu. Makanan itu selalu habis setiap kali dibagikan. Irmansyah mengatakan Dinas Sosial Pemprov DKI membuka posko bantuan di Kalideres. Diharapkan masyarakat bisa mengirim bantuan yang dibutuhkan oleh pencari suaka.

"Kalau nanti masyarakat mau memberikan dukungan buat ini, bantuannya kita sangat berharap. Apalagi kalau memberi bantuannya dikonfirmasi ke kita, umpamanya makan sekian boks, atau air minum," ucap Irmansyah.




Tonton Video Dipindahkan dari Kebon Sirih, Pencari Suaka: Kami Senang:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed