detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 22:41 WIB

Pengacara Tomy Winata Pukul Hakim PN Jakpus, Ini Kata Peradi

Rivki - detikNews
Pengacara Tomy Winata Pukul Hakim PN Jakpus, Ini Kata Peradi Sidang pembacaan putusan yang berujung pemukulan oleh pengacara. (Foto: Istimewa)
FOKUS BERITA: Pengacara Pukul Hakim
Jakarta - Kuasa hukum pengusaha kondang Tomy Winata, Desrizal, memukul hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) bernama Sunarso. Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menilai kasus pemukulan tersebut dapat diproses secara pidana dan kode etik pengacara.

"Tindakan penganiayaan terhadap hakim adalah contempt of court yang dapat diproses secara pidana maupun kode etik pengacara. Baik kepolisian maupun Komisi Pengawas Advokat dapat memeriksa peristiwa ini dan meminta pertanggungjawaban pelaku," ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPN Peradi, Rivai Kusumanegara, kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).


Kendati demikian, Rivai menilai perlu juga dikaji korelasi antara pemukulan tersebut dan perkara yang tengah ditangani, mengingat penganiayaan dilakukan saat pembacaan putusan.

"Namun, karena penganiayaan terjadi di saat pembacaan putusan, maka perlu juga dikaji korelasinya dengan mendengar penjelasan pelaku," katanya.


Di sisi lain, Rivai menyarankan agar penanganan kasus ini melibatkan Komisi Pengawas Advokat. Selain itu, Komisi Yudisial (KY) dan Badan Pengawas Mahkamah Agung dilibatkan agar kejadian serupa tidak terulang.

"Sebaiknya, selain Komisi Pengawas Advokat, juga perlu dilibatkan Komisi Yudisial dan Badan Pengawas Mahkamah Agung guna menekan peristiwa serupa di kemudian hari dan sebagai bahan kajian bagi rancangan peraturan Contempt of Court yang sedang disusun Mahkamah Agung," tutur Rivai.

Peristiwa pemukulan hakim Sunarso terjadi pukul 16.00 WIB di Ruang Sidang Subekti. Saat sidang, majelis hakim sedang membacakan putusan perkara perdata nomor 223/pdt.G/2018/PN Jakpus. Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara, penggugat dalam perkara itu adalah Tomy Winata.

Simak Video "MA Dalami Motif Pengacara Pukul Hakim"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/jbr)
FOKUS BERITA: Pengacara Pukul Hakim
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed