Protes soal Benny Wenda, Menlu Telah Panggil Wadubes Inggris

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 18 Jul 2019 22:20 WIB
Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Rob Fenn (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi telah memanggil Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Rob Fenn. Pemanggilan itu berkaitan dengan protes Indonesia terhadap penghargaan yang diberikan Oxford ke sosok separatis Papua Benny Wenda.

"Tadi siang Wakil Dubes Inggris sudah dipanggil ke Kemlu," kata Plt Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).


Dewan Kota Oxford telah memberikan penghargaan Kebebasan Kota (the Freedom of the City) kepada Benny yang dulu kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Abepura tahun 2002 itu. Pemanggilan Wakil Dubes Inggris, Rob Fenn, digunakan Menlu untuk menyampaikan protes.

"Untuk menerima penyampaian protes Pemerintah Indonesia," kata Faizasyah.


Sebelumnya, Kemlu telah menyampaikan pernyataan Pemerintah RI terkait penghargaan terhadap Benny Wenda, yakni:

1. Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun.
2. Indonesia mengecam keras pemberian award oleh Dewan Kota Oxford kepada seseorang bernama Benny Wenda, pegiat separatisme Papua yang memiliki rekam jejak kriminal di Papua.
3. Pemberian award ini menunjukkan ketidakpahaman Dewan Kota Oxford terhadap sepak terjang yang bersangkutan dan kondisi Provinsi Papua dan Papua Barat yg sebenarnya, termasuk pembangunan dan kemajuannya.
4. Posisi Indonesia terhadap kelompok separatisme akan tetap tegas. Indonesia tidak akan mundur satu inci pun untuk tegakkan NKRI.



Simak Video "Menlu Retno Serah-Terimakan WNI Sandera Abu Sayyaf ke Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/jbr)