detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 17:41 WIB

Tak Lagi 'Bernyanyi' Begini Kondisi Lampu Merah di Lebak Bulus Kini

Farih Maulana - detikNews
Tak Lagi Bernyanyi Begini Kondisi Lampu Merah di Lebak Bulus Kini Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Pemkot Depok berencana memasang lagu di lampu merah Depok untuk menyampaikan pesan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Ide Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad ini mengingatkan pada lampu merah 'bernyanyi' di Lebak Bulus. Sempat viral pada Maret 2018, bagaimana kondisinya kini?

detikcom menyambangi lampu pengatur lalu lintas di pelican crossing yang berada tepat di depan SD Al-Barkah, Jalan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jaksel, Kamis (18/7/2019). Pantauan detikcom, tombol untuk pejalan kaki di pelican crossing tidak berfungsi dan lagu pun tidak keluar dari lampu pengatur lalu lintas tersebut.

Seorang warga bernama Samsul menyebutkan 'nyanyian' di pelican crossing itu sudah tidak terdengar sejak 3 bulan lalu. Hanya lampu hijau bagi kendaraan yang menyala.

"Kurang-lebih 3 bulan lalu. Dulu kan lagu, terus di normal kan lagi nggak pake lagu. Sekarang lampu buat nyebrangnya pun mati," kata Samsul saat ditemui di lokasi, Kamis (18/7/2019).


Menurutnya, pelican crossing itu mengalami kerusakan akibat terkena petir. Sudah pernah diperbaiki, namun kemudian rusak lagi.

"Kebetulan waktu musim hujan, banyak petir," terang dia.

Untuk diketahui, pelican crossing itu dibuat untuk mengatur pejalan kaki yang menyeberang jalan, terutama anak-anak yang bersekolah di SD Al Barkah.

Namun, sejak pelican crossing itu rusak, beberapa warga yang peduli keselamatan berlalu lintas membantu menyeberangkan anak-anak sekolah. Sebab, arus lalu lintas di lokasi cukup padat.

"Ya mau nggak mau saya seberangin juga. Kadang-kadang ada aja orang yang nggak ngerti lampu merah pas mau ada orang nyeberang, ada aja yang nyelonong," ujarnya.



Simak Video "Wali Kota Depok Buka Suara Soal Lagu di Lampu Merah"
[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com