detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 13:00 WIB

Cara Grab Lindungi Penumpang dan Pengemudi Wanita di Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Cara Grab Lindungi Penumpang dan Pengemudi Wanita di Surabaya Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Sebagian besar wanita mungkin sedikit was-was jika melakukan perjalanan dengan kendaraan umum, taksi hingga ojek online. Selain ancaman kekerasan seksual, ada juga ancaman penculikan hingga perbuatan tak menyenangkan.

Namun, kini tak perlu khawatir, Grab telah menyediakan fitur perlindungan menyeluruh pada penumpang, terlebih penumpang perempuan. Selain penumpang, Grab juga memberikan perlindungan pada mitra pengemudi.


"Lebih dari 60% penumpang kita wanita. Karena itu, kita punya beberapa fitur di Grab untuk perlindungan wanita. Drivernya kita lindungi, penumpangnya kita lindungi," kata City Manager Grab Surabaya, Dede Sadeli saat Safety Roadshow di Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Fitur tersebut diantaranya Penyamaran nomor telepon pemanggil atau Number Masking, dimana Grab akan menggunakan nomor telepon virtual, sehingga mitra pengemudi dan penumpang tidak akan memiliki akses pada nomor telepon pribadi.

Selain itu, ada Free Call (VoIP) atau panggilan gratis. Fitur ini juga bisa menjaga keamanan dan privasi. Fitur ketiga yakni Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi Melalui Swafoto. Di mana, penumpang yang baru bergabung Grab harus melakukan verifikasi wajah. Pengemudi juga diwajibkan melakukan verifikasi wajah secara berkala.

Selain itu, ada pula Tombol darurat (SOS Button). Dalam fitur ini penumpang bisa mendaftarkan kontak darurat dalam aplikasi. Terakhir, penumpang bisa memanfaatkan fitur bagikan lokasi perjalanan atau Share My Ride. Fitur ini terhubung pada perjalanannya bersama Grab kepada orang-orang terdekat yang dapat dipantau secara real-time.

"Kami juga memperkenalkan fitur keselamatan terbaru yang termasuk dari inisiatif Roadmap Teknologi Keselamatan ditujukan untuk meminimalisir insiden yang bisa sepenuhnya dicegah, mengurangi kecelakaan, dengan menciptakan kebiasaan baru yang mengutamakan keselamatan," imbuh Dede.


Semua fitur ini disosialisasikan melalui Safety Roadshow yang digelar di empat kota. Dalam roadshow ini, pengemudi perempuan juga diberi pemahaman fitur khusus pengemudi perempuan agar senantiasa aman.

Di kesempatan yang sama, hadir pula Komisioner Komnas Perempuan Masruchah. Masruchah pun mengapresiasi langkah Grab membantu mewujudkan Indonesia aman bagi wanita.

"Cara yang dilakukan grab yang sudah didiskusikan dengan kami, bagaimana di internal grab sama-sama menjunjung tinggi untuk tidak melakukan kekerasan," kata Masruchah.

"Grab sangat kuat dalam melakukan kampanye isu kekerasan seksual. Selain itu penting di internal grab saat melakukan rekrutmen, siapapun yang menjadi bagian grab tidak melakukan kekerasan," pungkasnya.

Simak Video "Mampukah Smart Ride Saingi Gojek dan Grab?"
[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com