17 Sekolah Rusak Akibat Gempa Bali, Koster Siapkan Bantuan Rehab

17 Sekolah Rusak Akibat Gempa Bali, Koster Siapkan Bantuan Rehab

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 12:58 WIB
Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 yang mengguncang Pulau Bali kemarin menyebabkan belasan bangunan sekolah rusak. Gubernur Bali Wayan Koster menyiapkan bantuan rehab.

"Nanti kita koordinasikan dengan rapat Dinas Pendidikan dan Olahraga tiap kabupaten yang rusak kita bantu rehab," kata Koster usai rapat di DPRD Bali, Jl Dr Kusuma Atmaja, Denpasar, Bali, Rabu (17/7/2019).


Dari data BPBD Provinsi Bali, total ada 48 bangunan rusak akibat gempa kemarin. Mayoritas kerusakan ada di Kabupaten Badung, dengan total kerusakan 36 bangunan dan 15 di antaranya sekolah dari tingkat SD-SMA.

"Badung banyak uangnya, nanti lihat dulu," cetusnya.

Dari data BPBD Badung rata-rata kerusakan yang dialami sekolah-sekolah tersebut yakni genteng dan plafon runtuh serta tembok retak. Sekolah yang rusak itu tersebar di kecamatan Kuta Selatan Utara (11), Kuta (3), Kuta Utara (1). Selain itu ada juga dua sekolah di Jembrana yang mengalami rusak, sehingga total ada 17 sekolah yang mengalami rusak di Pulau Bali.


Gempa ini terjadi Selasa (17/7) pukul 08.18 WITa. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur. Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km. Gempa ini dilaporkan tak berpotensi tsunami.

BMKG kemudian memperbarui kekuatan gempa menjadi M 5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali pada kedalaman 104 km. Gempa disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.


Kerusakan di Banyuwangi Akibat Gempa M 6 di Bali:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/gbr)