detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 10:02 WIB

KPK Panggil Eks Anggota DPR F-Hanura Terkait Kasus Suap DPRD Lampung Tengah

Haris Fadhil - detikNews
KPK Panggil Eks Anggota DPR F-Hanura Terkait Kasus Suap DPRD Lampung Tengah Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan anggota DPR Fraksi Hanura Farid Al Fauzi terkait kasus dugaan suap anggota DPRD Lampung Tengah. Dia dipanggil sebagai saksi untuk tersangka anggota DPRD, Zainudin.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka ZE (Zainudin)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

Farid merupakan mantan anggota DPR F-Hanura dari Dapil Jawa Timur yang diganti karena maju dalam Pilkada Bangkalan. Selain itu, KPK juga memanggil seorang advokat bernama Haryo Budi Wibowo sebagai saksi.


KPK sebelumnya menetapkan sejumlah tersangka dalam tiga kasus yang merupakan pengembangan kasus suap dari Eks Bupati Lampung Tengah, Mustafa. Pada kasus pertama, KPK menetapkan Mustafa sebagai tersangka karena diduga menerima gratifikasi Rp 95 miliar.

Duit itu diduga terkait dengan proyek di Dinas Bina Marga Lampung Tengah. Ada dugaan fee10-20 persen yang diberikan kepada Mustafa.

Kedua, KPK menetapkan dua orang pengusaha, yaitu Pemilik PT Sorento Nusantara, Budi Winarto, dan pemilik PT Purna Arena Yudha, Simon Susilo, sebagai tersangka.


Keduanya diduga memberi duit total Rp 12,5 miliar kepada Mustafa. Diduga duit itu adalah bagian dari Rp 95 miliar yang diterima Mustafa.

Kasus ketiga, KPK menetapkan empat anggota DPRD Lampung Tengah sebagai tersangka. Mereka adalah Achmad Junaidi, Bunyana, Raden Zugiri, dan Zainudin.

Mereka diduga menerima suap terkait persetujuan pinjaman daerah dan pengesahan APBD dan APBD-P. Keempatnya juga sudah ditahan KPK.

Simak Video "Sehari Jelang UU Baru Berlaku, KPK Sudah Kantongi 20 OTT di 2019"
[Gambas:Video 20detik]

(HSF/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com