Round-Up

Mau Sampai Kapan Ali Kalora Bertahan di Hutan?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Jul 2019 22:43 WIB
Foto: Sosok Ali Kalora yang diburu polisi. (Dok. Istimewa)
Foto: Sosok Ali Kalora yang diburu polisi. (Dok. Istimewa)
Jakarta - Titik persembunyian Kelompok Ali Kalora di hutan Sulawesi Tengah sudah dikepung oleh Satgas Tinombala gabungan TNI-Polri. Posisi Ali Kalora juga kian terjepit karena perbekalan atau logistik mereka diprediksi tidak lebih untuk 3 bulan.

"Sementara sudah diketahui titik koordinatnya. Sudah dikepung oleh tim gabungan TNI-Polri. Seluruh jalur klasik baik melalui sungai, jalur langsung ke masyarakat sudah dikepung," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Gedung Pakarti, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019).

Dedi mengatakan kelompok Ali Kalora pasti tertangkap jika turun dari hutan persembunyiannya. Jika tidak turun, Ali Kalora cs bisa tewas di hutan karena persediaan logistik mereka habis.

"Jalan satu-satunya tinggal lama-lamaan bertahan. Kalau suplai logistik dia habis, bisa mati di tengah hutan. Kalau misalnya dia turun, insyaallah pasti akan tertangkap," tambahnya.


Minggu kemarin, masa Operasi Tinombala telah diperpanjang 3 bulan. Dengan masa perpanjangan ini, Polri yakin kekuatan logistik kelompok Ali Kalora tidak akan bertahan lebih dari 3 bulan.

"Kita lihat tidak mungkin logistiknya bertahan sampai 3 bulan. Dari situ kita bisa memastikan TNI-Polri mampu bisa mempertahankan operasi sampai 3 bulan ke depan," kata Dedi.

Dedi menyebutkan anggota kelompok Ali Kalora semakin sedikit. Kekuatan senjata mereka pun hanya tinggal 2 pucuk.

"Mereka jumlah sudah kecil, tinggal sedikit. Kekuatan senjata cuma tinggal 2 pucuk senjata. Artinya kalau mereka berpencar mencari logistik," ucapnya.

"Laras pendek dan rakitan," tutur Dedi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "5 DPO Kasus Terorisme Kelompok Ali Kalora Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]