detikNews
2019/07/15 19:33:59 WIB

Round-Up

TKI Korban Perkosaan Politikus dalam Perlindungan Negeri Jiran

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
TKI Korban Perkosaan Politikus dalam Perlindungan Negeri Jiran Ilustrasi pemerkosaan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Seorang pekerja rumah tangga (PRT) asal Indonesia diduga telah diperkosa oleh politikus Malaysia, Paul Yong Choo Kiong. Di tengah penyelidikan otoritas Malaysia atas kasus tersebut, Departemen Kesejahteraan Sosial Malaysia memastikan perlindungan kepada PRT asal Indonesia tersebut.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (15/7/2019), hal tersebut disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Dr Wan Azizah Wan Ismail, yang juga menjabat Menteri Urusan Wanita, Keluarga, dan Pembangunan Masyarakat.

Ditegaskan Wan Azizah bahwa Departemen Kesejahteraan Sosial Malaysia menempatkan PRT asal Indonesia itu di bawah perlindungan dan tanggung jawab mereka.

"Polisi segera mengambil tindakan ketika korban mengajukan laporan ke polisi," sebut Wan Azizah kepada wartawan setempat.

Diketahui bahwa PRT Indonesia yang tidak disebut namanya itu pada 8 Juli lalu melaporkan Paul atas tuduhan pemerkosaan. Tindak pemerkosaan itu dilaporkan terjadi di rumah si politikus, yang merupakan majikan PRT ini, di wilayah Meru, Ipoh.


Tidak diketahui lebih lanjut sudah berapa lama PRT Indonesia ini bekerja pada politikus itu. Otoritas Malaysia hanya menyebut PRT Indonesia ini berusia 23 tahun.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com