detikNews
Senin 15 Juli 2019, 17:45 WIB

4 Fakta Taufik Kurniawan yang Divonis 6 Tahun Penjara

Puti Yasmin - detikNews
4 Fakta Taufik Kurniawan yang Divonis 6 Tahun Penjara Taufik Kurniawan, yang Divonis 6 Tahun Penjara (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan dijatuhi vonis 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Semarang. Lantas, seperti apa fakta-fakta mengenai dia? Yuk simak.

Penjatuhan vonis tersebut berkaitan dengan kasus penerimaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Nah, berikut ini fakta-fakta Taufik Kurniawan dirangkum dari berbagai sumber:


1. Sarjana Teknik Kimia Undip

Taufik Kurniawan lahir di Semarang pada 1976. Ia menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Teknik Kimia di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, pada 1991 dan melanjutkan pendidikan S2 di universitas yang sama.

Kemudian, ia juga menyelesaikan pendidikan doktoral Jurusan Ekonomi di Universitas Diponegoro.

2. Anggota DPR dari PAN

Ia mengawali karirnya di Senayan sebagai anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, selama tiga kali berturut-turut, ia terpilih kembali duduk sebagai anggota. Kemudian, pada 2009, ia terpilih menjadi Wakil Ketua DPR RI.

3. Terkena Kasus Suap

Pada Oktober 2018, Taufik Kurniawan ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap anggaran DAK Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Dalam kasusnya, Taufik Kurniawan dikabarkan akan mendapat fee dari pengurusan DAK untuk kabupaten Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 sebesar Rp 3,65 miliar dan pengurusan DAK untuk kabupaten Purbalingga yang bersumber dari perubahan APBN 2017 sebesar Rp 1,2 miliar.


4. Dihukum 6 Tahun Penjara

Taufik Kurniawan divonis selama 6 tahun penjara dan tidak boleh dipilih dalam jabatan publik selama 3 tahun. Selain itu, gaji sebagai anggota DPR akan dihentikan.

Simak Video "Divonis 6 Tahun di Kasus Suap, Ini Respons Waka DPR Taufik Kurniawan"
[Gambas:Video 20detik]

(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com