detikNews
Senin 15 Juli 2019, 16:37 WIB

Amien Rais Minta PAN Tetap Oposisi: Jangan Sampai Bergabung!

Indra Komara - detikNews
Amien Rais Minta PAN Tetap Oposisi: Jangan Sampai Bergabung! Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berharap PAN tak bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin pascapilpres 2019. Dia ingin PAN menjadi oposisi.

"Sama, jangan sampai bergabung," kata Amien di DPP PAN, Jalan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).


Amien menegaskan agar pemerintahan seimbang dengan adanya oposisi. Menurut dia, oposisi berperan penting untuk mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf 5 tahun ke depan.

"Soal kekuasaan berikan kesempatan yang utuh pada Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin, dengan nanti 5 tahun kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," kata Amien.

Sementara itu, anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo menambahkan, PAN ada kemungkinan besar mengambil langkah sebagai oposisi pascapilpres. Menurut Dradjad, sebagian besar kader PAN mengikuti nasihat Amien.

"Jadi gini, kalau di PAN itu sebagian besar, bahkan mungkin hampir semuanya ya, hanya sebagian kecil saja yang tidak, itu mendengarkan nasihat Pak Amien," kata Dradjad saat diwawancarai seusai jumpa pers Amien Rais.

"Bang Zul juga, insyaallah akan mengikuti nasihat Pak Amien," sambungnya.

Dia juga menjelaskan DPW PAN banyak yang berkeinginan menjadi oposisi. Pihaknya sudah berkomunikasi terkait sikap politik itu.

"Saya bukan tipe orang yang suka klaim ya. Tapi yang jelas mereka sudah komunikasi dengan semua pihak dan insyaallah lebih banyak yang ingin tetap di oposisi," tuturnya.


Di lokasi yang sama, Wakil Ketua Umum PAN Ahmad Hanafi Rais mengatakan keputusan resmi partai akan diputuskan dalam rakornas. Dia menuturkan kemungkinan keputusan akan mengikuti nasihat Amien Rais.

"Kita tidak mau larut dalam siasat adu domba. Mungkin mau diintervensi dari luar macam-macam ya, sehingga tunggu saja nanti pasti partai punya sikap resmi, dan tidak mungkin tidak mendengarkan dan memerhatikan dengan saksama masukan dari pendiri partai, Pak Amien Rais, maupun juga mayoritas suara para kader dan simpatisan yang sudah memilih PAN selama ini, terkait dengan keinginan untuk menjadi oposisi. Tapi nanti tentu sikap resmi melalui forum ya. Tunggu saja," kata Hanafi.



Tonton Video Waketum PAN Tanggapi Pernyataan Amien Rais soal 'Rabun Ayam':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Sebut Negara Diurus Amatiran, Amien: Rezim Ini Tidak Bertahan Lama "
[Gambas:Video 20detik]

(idn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com