detikNews
Senin 15 Juli 2019, 12:15 WIB

Diprotes Mahasiswa, Begini Hari Pertama Uji Coba Parkir Berbayar UI

Matius Alfons - detikNews
Diprotes Mahasiswa, Begini Hari Pertama Uji Coba Parkir Berbayar UI Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Pihak Universitas Indonesia (UI) menguji coba kebijakan parkir berbayar bagi pemotor. Di hari pertama uji coba ini sejumlah mahasiswa berunjuk rasa menolak kebijakan tersebut.

Demo ini dihadiri ratusan mahasiswa UI dan berjaket kuning. Sejumlah ojek yang biasa mangkal di UI juga ikut berunjuk rasa di depan gerbang utama UI, Senin (15/7/2019).

Pantauan detikcom di lokasi pada pukul 11.30 WIB, aksi demo ini memadati akses jalan di kompleks UI. Terlihat mobil orator juga standby di gerbang UI.

Mereka membawa spanduk bertuliskan "Rektor/Pemain Sirkus Atraksi Terus". Orator demo, Kepala Departemen Kastrat BEM UI Muhammad Hida L menyuarakan aspirasinya melalui pengeras suara.

"Jadi penerapan secure parkir nggak cuma kena ke kita ya temen-temen, tapi kena ke warga Depok, dan katanya tenaga pendidik UI juga kena. Siapa yang tolak secure parking UI? Yang tolak secure parkir bilang lawan," kata Hida

"Saya tolak, lawan...lawan..lawan!," jawab para pengunjuk rasa.

Kendaraan mengantre di portal parkiran.Kendaraan mengantre di portal parkiran. Foto: Matius Alfons/detikcom




Selain protes karena harus membayar parkir motor, para mahasiswa juga menilai kebijakan itu justru menimbulkan masalah kemacetan.

"Ini juga jadi masalah nih, ini jadi macet ga temen-temen?," tanya Hida.

"Macet macet macet," jawab pengunjuk rasa.

Mahasiswa menuntut rekotorat membatalkan parkir berbayar UI.Mahasiswa menuntut rekotorat membatalkan parkir berbayar UI. Foto: Matius Alfons/detikcom


Meski adanya kebijakan itu, sejumlah warga yang bermotor maupun bermobil tetap mengakses lewat UI. Kendaraan antre hingga seratusan meter dari pintu portal.

Terlihat pintu portal beberapa kali tidak bisa terbuka dan menyebabkan antrian di portal masuk UI.

Kepadatan juga terjadi di portal keluar UI, terlihat antrian kendaraan mengular di pintu keluar UI yang mengarah ke Jakarta. Karena kondisi ini, terlihat pada pukul 11.20 WIB portal secure parking dibuka dan uji coba dihentikan.

"Ini dilolosin emang, dari tadi dilolosin, dari jam 11.00 siang, karena ada unjuk rasa dan macet," kata petugas parkir.



Simak Video "Jokowi Batal Bertemu dengan BEM SI Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com