detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 20:13 WIB

Sempat Ditahan, Mobil UNHCR Akhirnya Dilepas Pencari Suaka

Rolando - detikNews
Sempat Ditahan, Mobil UNHCR Akhirnya Dilepas Pencari Suaka Pencari suaka menahan mobil UNHCR. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Mobil UNHCR yang sempat ditahan oleh pencari suaka akhirnya dilepas. Hal tersebut terjadi setelah pihak Polres Metro Jakarta Barat berdiskusi dengan para pencari suaka.

Pantauan detikcom, di eks gedung Kodim Jakarta Barat, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakbar, Jumat (12/7/2019), mobil UNHCR dapat meninggalkan lokasi pada pukul 19.17 WIB. Sempat terjadi keributan kecil antara pihak kepolisian dan pencari suaka.

Awalnya, mobil milik UNHCR bersiap pergi meninggalkan lokasi. Para pencari suaka yang sempat di depan mobil pun telah berdiri. Namun tiba-tiba ada seorang pria pencari suaka merebahkan tubuhnya di depan mobil.

"Bangun... bangun... berdiri, minggir semua," ujar salah seorang polisi kepada salah seorang pencari suaka. Lantas pihak kepolisian pun mengangkat sang lelaki tersebut.



Penahanan mobil UNHCR ini dilakukan karena para pencari suaka minta didata agar mendapatkan fasilitas di pengungsian sementara yang disediakan Pemprov DKI. Polisi pun turun tangan.

Pihak kepolisian berdiskusi panjang dengan para pencari suaka agar membiarkan mobil UNHCR pergi, kemudian baru dilakukan proses registrasi. Namun pihak pencari suaka tetap menolak.

"Begini, biarkan mobil ini pergi dulu. Nanti tetap akan diproses. Didiskusikan di dalam," ujar Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana kepada pencari suaka.

"Kami tetap mau diregistrasi," kata seorang pencari suaka.



Saat ini kondisi di lokasi telah kondusif. Mobil UNHCR beserta tiga perwakilannya pun akhirnya tancap gas meninggalkan lokasi. Sedangkan para pencari suaka diarahkan aparat kepolisian kembali masuk ke dalam eks gedung Kodim Jakarta Barat.




Simak Juga 'Dipindahkan dari Kebon Sirih, Pencari Suaka: Kami Senang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com