detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 18:48 WIB

Belum Dihuni, Rusunawa Kota Serang Terbengkalai dan Rusak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Belum Dihuni, Rusunawa Kota Serang Terbengkalai dan Rusak Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang (Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang - Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, yang dibangun sejak 2016, terbengkalai. Rusunawa yang masih kosong itu kondisinya memprihatinkan dengan sejumlah bagian bangunan rusak.

Saat didatangi detikcom, kondisi bangunan dua tower dengan 5 lantai itu terbengkalai. Tak ada petugas keamanan yang menjaga rusun.

Lampu penerangan di sekitar rusun rusak. Beberapa kaca di bagian pintu juga pecah. Warga menjadikan tempat ini untuk menyimpan kambing. Area tersebut ditumbuhi rumput liar.

Di bagian dalam rusun, kondisinya semakin memprihatinkan. Plafon banyak yang rusak. Lampu-lampu yang sebelumnya terpasang juga banyak yang copot. Selain itu, serpihan kaca berceceran di rusunawa.

Mebel yang ada di rusunawa ini juga sebagian sudah hilang. Bahkan ada bagian pintu dan kasur yang dibiarkan terbengkalai rusak. Beberapa ruangan masih terisi mebel, namun beberapa bagian sudah tak lengkap.


 Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang (Bahtiar Rifai/detikcom)


Ketua RT 09/03 Lingkungan Kendal Desa Margaluyu, Nazib, mengatakan bangunan ini dibiarkan berantakan begitu sudah terbangun. Katanya, bangunan diperuntukkan bagi warga yang tinggal di bantaran kali, khususnya nelayan dan petani.

Sejak ditinggal petugas, kondisinya memang terbengkalai. Dan sebagian bangunan sudah rusak.

"Kita sering kontrol ke belakang dan sudah rusak. Ini sudah lama, kayaknya belum diresmikan," ujarnya.





Bahkan, kata Nazib, saat rusunawa dibangun, pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangunan ada yang masih berutang kepada pemilik warung. Jumlah utangnya sampai jutaan rupiah karena mengutang untuk makan.

"Iya, ada warga pemilik warung yang nggak dibayar," ujarnya.
 Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang (Bahtiar Rifai/detikcom)





Warga lain mengatakan banyak mebel di dalam rusun yang dicuri orang. Barang seperti kasur jadi incaran karena rusunawa tak ada yang menjaga.

"Iya, itu pada rusak, banyak yang malingin juga barang-barangnya," ujar salah satu warga.

Rusunawa ini dibangun sejak 2016 oleh Kementerian PUPR. Dibangun di daerah pesisir Banten dengan menggunakan anggaran APBN senilai Rp 21 miliar.



 Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang Rusunawa di Desa Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang (Bahtiar Rifai/detikcom)


Simak Video "Pengakuan Pria Bertopeng Pembantai Satu Keluarga di Banten"
[Gambas:Video 20detik]

(bri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed