detikNews
2019/07/11 20:01:37 WIB

Round-Up

'Rumah Baru' Pencari Suaka di Pinggiran Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rumah Baru Pencari Suaka di Pinggiran Jakarta Pencari suaka tiba di Kalideres. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka asal Timur Tengah kini tak lagi berkumpul di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Meski mereka belum seluruhnya dipindahkan, Pemprov DKI setidaknya sudah menyediakan 'rumah baru' di Kalideres, Jakarta Barat, untuk mensterilkan pusat kota dari para pencari suaka.

Para pencari suaka direlokasi ke lahan eks Kodim di Kalideres; kecamatan yang berbatasaan dengan Tangerang. Lokasi pengungsian di pinggiran Jakarta itu dianggap cukup menampung ratusan pencari suaka, karena memiliki lahan yang luas.

Wacana pemindahan para pencari suaka ini bermula dari kunjungan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi ke Jalan Kebon Sirih pada Rabu (10/7/2019) malam. Pria yang akrab disapa Pras itu semula mengusulkan pencari suaka ini dipindahkan ke Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara.

Rencana itu pun urung dilakukan, hingga akhirnya Pemprov DKI menyiapkan pengungsian sementara di lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres. Alasan pemindahannya, pencari suaka ini tiba-tiba bertambah banyak.

"Tadinya kan mau ke Jakarta Islamic Center, tapi karena makin lama mereka makin banyak, akhirnya ditempatkan di eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres," ucap Pras kepada wartawan di kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).



Pras tidak memiliki data pasti, tapi disebut ada lebih dari 300 orang sehingga perlu lokasi yang lebih luas.

"Sekarang katanya 300 lebih. Kemarin hanya 250 orang. (Lokasinya) besar, layak tinggal sementara di situ," ucap Pras.

Ratusan pencari suaka itu kini sudah menempati 'rumah baru' di Kalideres. Mereka tiba sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB, setelah diangkut dari trotoar Kebon Sirih menggunakan bus milik Pemprov DKI.

Ada enam tenda yang disediakan Dinas Sosial DKI Jakarta. Selain itu, ruangan-ruangan di gedung eks Kodim disulap menjadi ruang inap untuk para pencari suaka. Dinsos menyediakan terpal hingga matras untuk alas tidur.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com