detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 16:11 WIB

900 Bungkus Rokok Jemaah Haji asal Jabar Diamankan Bea-Cukai Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
900 Bungkus Rokok Jemaah Haji asal Jabar Diamankan Bea-Cukai Bekasi Petugas Bea-Cukai Bekasi menyita ratusan bungkus rokok yang dibawa calon jemaah haji asal Jabar. (Isal Mawardi/detikcom)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Bekasi - Petugas Bea-Cukai Bekasi menemukan ratusan bungkus rokok dari dalam koper calon jemaah haji asal Jawa Barat (Jabar). Temuan rokok itu segera diamankan petugas Bea-Cukai.

"(Sebanyak) 900 bungkus ya. Sekitar segitu yang diamankan," ujar Ketua Pelaksana Pemeriksa Jamaah Haji Bea-Cukai Bekasi, Farhan, saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Marga Jaya, Kota Bekasi, Kamis (11/7/2019).

Farhan mengatakan ratusan bungkus rokok diamankan saat dilakukan pemeriksaan koper jemaah haji melalui analisis X-ray. Dalam sehari, sebut Farhan, petugas mengamankan sekitar puluhan slof rokok.


"Sehari bisa 15-20 slof (1 slof sama dengan 10 bungkus rokok)," ujar Farhan.

Farhan mengatakan ketentuan batas jumlah rokok yang diperbolehkan untuk dibawa telah diatur. Jika jumlah rokok yang dibawa melebihi ketentuan, petugas akan melakukan penyitaan.

"Ketentuannya kan 200 batang (yang diperbolehkan). Cuma kita di sini ketentuannya 2 slof. Satu slof 10 bungkus. Misalkan lebih dari 2 slof ya ketahan di sini," ujar Farhan.

Petugas mengecek barang bawaan calon jemaah haji menggunakan x-rayPetugas mengecek barang bawaan calon jemaah haji menggunakan X-ray. (Isal Mawardi/detikcom)


Farhan mengungkapkan alasan masih ditemukan rokok karena calon jemaah merupakan pecandu rokok.

"Emang orangnya biasa ngerokok tiap harinya, di sana kan (haji) lama kan (40 hari). Harganya (rokok) mahal di sana (Arab Saudi)," ujar Farhan.

Nantinya, pihak Bea-Cukai akan membuat surat serah-terima barang. Jemaah dapat menyimpan rokok di Asrama Haji embarkasi Bekasi dan mengambilnya saat pulang dari Arab Saudi.


"(Jika rokok diikhlaskan) diserahkan ke kita dan kita laporin ke kantor (Bea-Cukai)," ujar Farhan.

Selain rokok, sebut Farhan, petugas kerap menemukan berbagai alat elektronik, seperti pemanas air, penanak nasi, dan power bank.

Pantauan detikcom di ruangan pemeriksaan koper jemaah Asrama Haji Embarkasi Bekasi, tampak petugas Bea-Cukai memisahkan koper-koper jemaah yang diduga berisi barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa.

Petugas mengecek koper calon jemaah hajiPetugas mengecek koper calon jemaah haji. (Isal Mawardi/detikcom)

Salah satunya, koper milik jemaah kloter 17 asal Kabupaten Bogor, Dede. Dalam koper Dede, petugas menemukan 6 slof rokok alias 60 bungkus rokok.


"Yah gimana ya, Mas, saya sehari dua bungkus. Di sana (Arab) 40 hari. Itu juga masih kurang (rokok yang dibawa)," ujar Dede.

Sebanyak 18 kloter jemaah sudah berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi menuju Arab Saudi sejak Minggu hingga Kamis (7-11 Juli) pukul 15.25 WIB. Total 97 kloter asal Jawa Barat bakal berangkat ke Arab Saudi.

Sehari sebelumnya, mereka menginap di Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Pemberangkatan akan terus berlangsung hingga 5 Agustus 2019.




Simak Juga 'Kakek Berusia 93 Tahun Jadi Jemaah Haji Tertua di Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Salat Jumat yang Lengang di Masjidil Haram"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/jbr)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com