KPU Pelajari Putusan DKPP soal Pencopotan Komisioner sebagai Ketua Divisi

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 10 Jul 2019 15:42 WIB
Ketua KPU Arief Budiman dan komisioner Ilham Saputra. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi berupa pemberhentian komisioner KPU Ilham Saputra dari jabatan ketua divisi teknis. KPU akan terlebih dulu mempelajari keputusan tersebut.

"Kita akan pelajari dulu, apakah memang itu menjadi bagian yang harus ditindaklanjuti dengan segera atau tidak," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).



Arief mengatakan pihaknya menghormati keputusan DKPP. Namun Arief menyebut masih menunggu salinan putusan untuk menentukan tindak lanjut.

"Tentu kami menghormati putusan DKPP. Kami akan terima salinannya dulu, kami akan pelajari dan kemudian mana yang harus ditindaklanjuti dengan segera," kata Arief.

"Termasuk kalau putusan-putusan itu ada yang memberi konsekuensi lain, misalnya bukan hanya sekadar memberi peringatan etik, nanti kami akan pelajari," sambungnya.

Ilham Saputra / Ilham Saputra (Ari Saputra/detikcom)


Arief menuturkan perlu ada diskusi untuk menindaklanjuti keputusan DKPP. Terlebih, menurutnya, saat ini masing-masing komisioner tengah menjalankan tugas yang berbeda.

"Karena kan kita sekarang sedang dalam tahapan yang masing-masing anggota itu konsentrasi yang mengurusi bagiannya masing-masing, apakah itu harus ditindaklanjuti segera atau tidak, nanti kita lihat," kata Arief.



Sebelumnya, DKPP memutuskan komisioner KPU Ilham Saputra melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu. DKPP menjatuhkan sanksi keras berupa pemberhentian dari jabatan sebagai ketua divisi.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik kepada Teradu III Ilham Saputra selaku anggota KPU RI terhitung sejak dibacakannya putusan ini," ujar ketua majelis Harjono saat membacakan putusan dalam sidang di kantor DKPP, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Simak Video "Ilham Saputra Terpilih Jadi Plt Ketua KPU"
[Gambas:Video 20detik]
(dwia/imk)