detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 13:10 WIB

5 Fakta Soal UI yang Bakal Terapkan Parkir Berbayar

Puti Yasmin - detikNews
5 Fakta Soal UI yang Bakal Terapkan Parkir Berbayar 5 Fakta Soal UI yang Bakal Terapkan Parkir Berbayar/Foto: Kampus UI Depok (dok UI)
Jakarta - Pihak Universitas Indonesia (UI) akan menerapkan parkir berbayar untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang masuk di kawasannya. Ada 5 fakta UI yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Pengenaan biaya parkir nantinya setiap kendaraan akan berbeda, untuk motor lebih dari 15 menit dikenakan Rp 15.000 dan mobil Rp 20.000. Kemudian, setiap jam berikutnya akan dikenakan tarif tambahan.

Rektor UI Muhammad Anis pun menjelaskan rencana ini dilakukan guna mendorong visi UI sebagai kampus hijau. Sebab, nantinya transportasi publik harus menjadi pengganti kendaraan di kompleks UI.



Berikut 5 fakta soal UI yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sejarah

UI pertama kali didirikan pada tahun 1839 oleh kolonial Belanda sebagai sekolah tinggi ilmu kesehatan. Kemudian pada tahun 1851 sekolah tersebut secara resmi dinamakan Dokter-Djawa School.

Kemudian, nama sekolah tersebut terus berganti-ganti hingga pada tahun 1949 sekolah ini resmi bernama Universitas Indonesia atau banyak dikenal orang sebagai kampus UI.

2.Kampus

Kampus utama UI berada di dua lokasi, yakni di Depok, Jawa Barat dan di Selemba, Jakarta Timur.

Walaupun begitu, pada awalnya kampus UI hanya berada di Selemba, Pegangsaan Timur, dan Rawamangun. Namun, saat kampus di Depok dibuka sebagian fakultas dipindahkan ke Depok.

Sementara, kampus di Salemba digunakan untuk Fakultas Ilmu Kedokteran dan Pasca Sarjana. Sedangkan kampus di Rawamangun diberikan kepada IKIP Jakarta atau Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

3. Jalur Masuk UI

UI merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Nah, ada tiga jalur penerimaan UI, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

SNMPTN dan SBMPTN merupakan jalur seleksi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan Simak UI merupakan jalur mandiri yang dibuka oleh UI.



4.Perpustakaan UI

Salah satu fasilitas yang berada di kampus UI, Jawa Barat adalah perpustakaan. Fasilitas ini menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Perpustakaan ini dibuka di hari Senin hingga Sabtu. Untuk biaya masuknya, mahasiswa UI tidak dipungut biaya alias gratis. Sedangkan, masyarakat umum dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per hari.

5. Logo UI

Logo UI telah digunakan sejak tahun 1952 dalam dokumen Fakultas Teknik UI, Bandung. Hanya saja, selama perjalanannya logo UI mengalami perubahan-perubahan karena tidak adanya standar.

Namun, saat ini logo UI telah kembali seperti pertama kali digunakan dengan karakter dasar, yakni simetris dan berbentuk lingkaran. Selanjutnya simbol UI digambarkan dalam bentuk grid dan alat bantu bentuk geometris sebagai dasar pembentukan ulang simbol UI.

Simak Video "Jokowi Batal Bertemu dengan BEM SI Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(pay/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com