Tim Gabungan Juga Periksa Para Jenderal Bintang 3 untuk Ungkap Kasus Novel

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 09 Jul 2019 21:16 WIB
Anggota Tim Gabungan, Hermawan Sulistyo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah melaporkan hasil investigasi kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan. Tim gabungan mengaku telah memeriksa jenderal-jenderal bintang 3.

"Saya ketua tim investigasi kerusuhan Mei 98, periksa 15 jenderal saat itu. Dalam kasus ini juga ada jenderal-jenderal bintang 3 yang diperiksa, jangan salah. Semua yang disebut, dituduh, kita periksa lagi," kata anggota tim gabungan, Hermawan Sulistyo, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019). Dia menyampaikan itu menjawab perbedaan kesulitan kasus teror ke Novel dengan kasus kerusuhan Mei 1998.


Hermawan mengatakan pemeriksaan para jenderal itu didasarkan pada laporan tim yang sebelumnya menangani kasus itu. Namun dia belum memberi penjelasan rinci terkait sosok jenderal yang dimaksud.

"Dari penyidikan yang dilakukan oleh tim-tim terdahulu. Tim Polda, tim Polri, tim Ombudsman, tim Komnas HAM. Kan ada laporannya," ujarnya.


Sebelumnya, Tim Gabungan untuk mengusut penyerangan terhadap Novel Baswedan telah memberikan laporan mereka kepada Kapolri. Hasil investigasi itu akan diumumkan pekan depan.

"Laporan sudah kami sampaikan dan beliau akan mempelajari dalam waktu yang singkat, dan hari ini progres yang dapat kami sampaikan bahwa kami akan menyampaikan hasil lengkap itu pada minggu depan," kata anggota Tim Gabungan di Mabes Porli, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Simak Video "Novel Baswedan Sebut Pemberantasan Korupsi Dimulai dari Penegak Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(abw/idh)