detikNews
Senin 08 Juli 2019, 16:04 WIB

Bawa 28 Drum Limbah B3 Tanpa Dokumen, 2 Kapal Motor di Sumut Diamankan

Budi Warsito - detikNews
Bawa 28 Drum Limbah B3 Tanpa Dokumen, 2 Kapal Motor di Sumut Diamankan 28 drum berisi oli bekas diamankan petugas Ditpolair Polda Sumut (Foto: Dok. Istimewa)
Belawan - Direktorat Polair Polda Sumatera Utara (Sumut) mengamankan dua kapal kecil yang membawa drum berisi limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Kedua kapal diamankan karena tak membawa dokumen drum limbah B3.

Drum berisi limbah B3 itu didapat dari kapal kargo. Dalam peristiwa ini, dua orang nakhoda dan empat anak buah kapal (ABK) pun diamankan polisi di perairan Laut Belawan pada Jumat (5/7).


"Mereka membawa drum berisi limbah dari kapal kargo. Saat ini masih dalam pemeriksaan petugas," kata Wadir Polair Polda Sumut AKBP Untung Sangaji saat dihubungi, Senin (8/7/2019).

Dua nakhoda yang diamankan berinisial K (38) dan NA (30) merupakan warga Bagan Deli, Sumut. Penangkapan ini bermula saat Tim Patroli Sea Rider KP ATS-7006 menggelar patroli di perairan laut Belawan.

Limbah B3 itu tak dilengkapi dokumenLimbah B3 itu tak dilengkapi dokumen (Foto: Dok. Istimewa)

Petugas mencurigai ada dua kapal tanpa nama. Sempat terjadi kejar-kejaran antara polisi dan kedua kapal tersebut.


"Kejar-kejaran saat petugas berusaha menghentikan kapal," kata Untung.

Setelah diamankan, petugas memeriksa kapal dan menemukan 28 drum yang diduga berisi limbah oli bekas. Ke-28 drum itu tidak dilengkapi dokumen.

Atas perbuatannya, para pelaku terancam dikenakan Pasal 102 juncto 59 UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Simak Video "50 Drum Limbah Nyaris Cemari Air PDAM Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com