Kasus 'Ikan Asin', Fairuz dan Hotman Paris Sambangi Komnas Perempuan

Zunita Putri - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 14:02 WIB
Artis Fairuz A Rafiq dan pengacaranya, Hotman Paris Hutapea, menyambangi Komisi Nasional Antikekerasan Perempuan. (Foto: Zunita/detikcom).
Jakarta - Artis Fairuz A Rafiq dan pengacaranya, Hotman Paris Hutapea, menyambangi Komisi Nasional Antikekerasan Perempuan. Fairuz dan Hotman menyambangi Komnas Perempuan terkait dengan kasus 'ikan asin' yang saat ini ditangani Polda Metro Jaya.

Pantauan detikcom, Fairuz datang sekitar pukul 13.40 WIB bersama suaminya, Sonny Septian, di Komnas Perempuan, di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019). Fairuz, yang mengenakan baju berwarna biru, datang bersama pengacaranya, Hotman Paris, dan sejumlah pendukung Fairuz.

Fairuz dan Sonny enggan bicara banyak. Hotman juga masih belum mengatakan apa tujuannya datang ke Komnas Perempuan.

"Selesai dulu baru ngomong dong. Semua pendukung Fairuz nih, kita masuk dulu nanti konferensi pers," kata Hotman di lokasi.


Sebelumnya, Komnas Perempuan pun ikut angkat bicara. Komnas perempuan menyebut ujaran Galih soal 'bau ikan asin' bernada seksis. Seksis adalah diskriminasi atau prasangka terhadap seseorang yang didasarkan atas jenis kelaminnya.

"Ya itu sangat seksis! Karena yang diserang adalah tubuh perempuan. Kekerasan tidak harus fisik, tapi juga bisa psikis, tujuannya tentu untuk menghancurkan seluruh integritas dan identitas perempuan," kata Komisioner Komnas Perempuan Adriana Venny kepada wartawan, Senin (1/7).

Video: Fairuz A. Rafiq Datangi Komnas Perempuan
[Gambas:Video 20detik]

Seperti diketahui, Fairuz juga telah melaporkan kasus 'ikan asin' ini ke Polda Metro Jaya. Pihak kepolisian juga telah memanggil Galih Ginanjar terkait pernyataan 'ikan asin' itu, rencananya polisi juga memanggil Rey Utami dan Pablo Benua terkait konten video YouTubenya itu.

Laporan Fairuz itu tertuang dalam laporan bernomor LP/3914/VII/2019/PMJ/Dit.Reskrimus. Terlapor, dalam hal ini Galih Ginanjar, Rey Utami, dan Pablo Benua, dilaporkan atas tuduhan Pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) atau Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (1) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Simak Video "Cerai dengan Galih Ginanjar, Barbie Kumalasari Dekat dengat Pria Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/nvl)