PKB Usul 10 Nama Menteri, PDIP Singgung Mentalitas Pemborong

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 07:48 WIB
Hendrawan Supratikno (Foto: dok. ist)
Jakarta - PKB mengusulkan 10 nama menteri kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin. PDIP menyinggung soal partai mental pemborong.

"Mudah-mudahan ini bukan karena partai terjangkiti 'mentalitas pemborong', sukanya main borong," ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Minggu (7/7/2019).


Kendati demikian, Hendrawan menghormati usulan PKB itu. Menurut dia, usulan PKB itu merupakan manuver aspirasi.

"Tak ada masalah. Sebagai sinyal politik tentu harus kita hormati. Namanya juga usaha, namanya juga manuver aspirasi," katanya.

PDIP sendiri, kata Hendrawan, tak mau ikut-ikutan memperebutkan kursi menteri, meskipun PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019. Sebab, kata dia, pihaknya lebih memilih untuk hati-hati dalam bersikap.

"Sebagai partai dengan perolehan suara dan kursi terbesar, kami harus hati-hati dalam bersikap. Kami harus rajin mengasah ilmu tahu diri. Bayangkan bila kami ikut-ikutan main borong, berapa banyak pos yang kami tuntut, mengingat kursi kami rata-rata dua sampai tiga kali lebih besar," tutur Hendrawan.

Sebelumnya, PKB menyatakan telah mengajukan 10 nama kadernya untuk mengisi posisi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf nanti. PKB juga ingin posisi Menteri Desa. PKB juga ingin jumlah jatah kursi menteri tak dicampur dengan jumlah jatah NU.



PKB Minta Jatah Menteri untuk Parpol dan NU Dipisah:



Simak Video "Sah! 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Baru Dilantik Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(lir/mae)