Pencarian Heli TNI yang Hilang di Papua Terkendala Cuaca

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 01:56 WIB
Foto: Pencarian heli MI-17 milik Penerbad TNI AD yang hilang kontak di Papua kembali dilanjutkan (Dok. Istimewa)
Oksibil - Pencarian helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang hilang sejak pekan lalu masih berlangsung. Pada Sabtu (6/7) kemarin, pencarian dipimpin oleh Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Joshua Sembiring.

"Memang benar, pencarian hari ini langsung dipimpin Pangdam Cenderawasih dengan menggunakan pesawat CN 235 milik Maritime Patrol Aircraff, Sabtu (6/7) dengan mengitari sekitar Lereh," kata Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo dilansir dari Antara, Sabtu (6/7/2019).



Bowo mengatakan dalam pencarian hari ini belum ada titik terang keberadaan heli yang hilang pada Jumat (28/6) lalu itu. Sebab, kawasan yang menjadi titik pencarian tertutup kabut.

"Pesawat CN 235 sempat berputar dua kali sebelum pilot memutuskan kembali ke Lanud Silas Papare," kata Tri Bowo.

Bowo mengungkapkan pencarian pesawat milik TNI AD itu hari ini dilakukan dari Oksibil dan Sentani. Namun, di Oksibil tidak bisa melaksanakan pencarian melalui udara karena cuaca tidak bersahabat.

"Pencarian akan kembali dilanjutkan Minggu (7/7) dan berharap tim SAR akan mendapat petunjuk," harap Marsma TNI Tri Bowo.



Seperti diketahui, helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138, yang membawa 12 penumpang dan kru, hilang pada Jumat (28/6). Heli itu terbang dari Oksibil menuju Jayapura pada pukul 11.44 WIT.

Sesaat setelah terbang, pukul 11.49 WIT, pilot sempat mengucapkan terima kasih setelah melaporkan bahwa heli berada di ketinggian 7.800 kaki, 6 mil laut ke utara. Namun, selang 1 jam, tak ada kabar dari heli tersebut.

Pukul 13.19 WIT, petugas di Bandara Sentani mengontak Bandara Oksibil untuk menanyakan keberadaan helikopter milik TNI Angkatan Darat tersebut dan tak ada respons.

Simak Video "Senyum Semringah Jokowi Buka PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/mae)