detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 13:09 WIB

Anies akan Tambah Alat Pengukur Kualitas Udara di Jakarta

Zunita Putri - detikNews
Anies akan Tambah Alat Pengukur Kualitas Udara di Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah alat ukur udara di beberapa titik di Jakarta. Alat ukur kualitas udara di Jakarta saat ini disebut baru ada 8 dan tersebar di beberapa titik.

"Kita akan menyiapkan alat-alat ukur kualitas udara, karena hari ini, kalau kita ditanya balik bilang kualitas udara buruk, maka kita hanya bisa menentukan paling 10 titik. 15 titik maksimal di Jakarta," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).


Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih menjelaskan, alat ukur udara di Jakarta ada 8, 5 di antaranya alat yang permanen, tiga mobile. Alat itu terletak di beberapa lokasi, yaitu di Kota, Hotel Indonesia, Jagakarsa, Lubang Buaya, dan Kebon Jeruk.

"Tiga itu kan mobile, jadi ke mana-mana, pernah juga di car free day, di Sudirman. Itu pindah-pindah lah," kata Andono saat dimintai konfirmasi.

Andono mengatakan target Pemprov semua wilayah di Jakarta dipasangkan alat pengukur kualitas udara agar bisa mengetahui kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan. Setidaknya, menurut Andono, idealnya Jakarta perlu 25 alat pengukur kualitas udara.

"Tergantung grade, wilayahnya. Misalnya berapa kilometer persegi, maka Jakarta perlu 25 alat, karena ada 650 kilometer persegi, maka (idealnya) 25, itu jumlah riset ya," ucapnya.


Dia mengatakan, jika masyarakat ingin melihat alat sensor pendeteksi kualitas udara, bisa dilihat di website lingkungan hidup. "Data itu ada di Jakarta smart city, lihat saja di link lingkungan hidup," ucapnya.


Sudah Beberapa Hari Langit Jakarta Tampak Samar, Ada Apa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com