detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 11:25 WIB

Jokowi Ingin Kawasan Wisata dan Permukiman di Bunaken Ditata Ulang

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Ingin Kawasan Wisata dan Permukiman di Bunaken Ditata Ulang Jokowi (Ray Jordan/detikcom)
Bunaken - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan wisata Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara (Sulut). Jokowi ingin kawasan wisata dan permukiman di Bunaken ditata ulang agar menambah nilai ekonomi yang baik.

"Ini mau dibuat perencanaan dulu, untuk membuat cluster-cluster, sehingga penduduknya di sebelah mana jelas, tempat wisatanya di mana jelas, area konservasi di mana jelas," kata Jokowi di Pulau Bunaken, Provinsi Sulut, Jumat (5/7/2019).



Jokowi mengatakan batas-batas tersebut harus segera direncanakan. Sebab, dia tak ingin tata wilayah di kawasan tersebut semakin berantakan.

"Batas-batas itu yang paling penting segera direncanakan, sehingga nanti tidak berkembang seperti yang kita lihat ini. Jadi betul-betul terdesain sejak awal, mumpung belum ramai. Kalau sudah ramai, sulit kita mengendalikan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pembenahan akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Sebab, Bunaken merupakan salah satu lokasi wisata andalan di Sulut.

"Tadi sudah saya perintahkan, fisiknya sudah terbenahi, masuk (wisatawan), orang datang," katanya.

Jokowi mengatakan pembenahan kawasan Bunaken akan segera dimulai tahun ini. "Tahun depan kita harapkan sudah selesai . Ini kan kejar-kejaran," ujar Jokowi.



Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, pembenahan kawasan Bunaken memang sengaja dikebut karena tingginya peminat wisata di Sulut. Tak hanya Bunaken, sejumlah tempat wisata di Provinsi Sulut, termasuk sarana dan prasarana pendukungnya, juga akan dibenahi.

"Ini kan kejar-kejaran, jangan sampai ditinggal oleh konsumen. Kenapa kita ke lapangan? Karena kita ingin mengejar itu. Ini ada keadaan luar biasa yang turis ingin masuk, tapi kita harus siap," pungkas dia.

Simak Video "Jokowi Sematkan Tanda Kehormatan RI ke Sejumlah Tokoh"
[Gambas:Video 20detik]

(jor/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com