detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 17:54 WIB

Situng Belum 100%, KPU Minta KPUD Provinsi Selesaikan Upload Data

Dwi Andayani - detikNews
Situng Belum 100%, KPU Minta KPUD Provinsi Selesaikan Upload Data Ketua KPU Arief Budiman (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - KPU menyoroti upload data dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) Pemilu 2019. KPU menyebut saat ini data dalam situng telah mencapai 99,1%.

"Sekarang situng sudah di-upload itu 99,1 persen. Sehingga kalau dari segi kuantitatif, jumlahnya telah lampaui sebelumnya," ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam sambutan pada rapat koordinasi penyelesaian gugatan pileg di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).



Arief meminta setiap KPUD menyelesaikan upload data situng. KPUD diminta mengunggah data hingga 100 persen sesuai dengan data dari sejumlah TPS.

"Saya perintahkan harus selesai. Kan nggak masuk akal kalau TPS-nya ada, lalu kok nggak bisa selesai (upload situng) terhenti di tengah-tengah. Dicari yang mana yang belum supaya bisa 100 persen, harus 100 persen," kata Arief.



Menurut Arief, data situng menjadi bagian dari tanggung jawab KPU kepada publik. Hal ini agar publik dapat mengetahui data dan informasi secara menyeluruh terkait pemilu.

"Ini bagian dari pertanggungjawaban ke publik kita agar pemilu ini bisa diakses oleh siapa pun, informasinya menyeluruh. Orang tahu ada datanya, kita menyediakan info yang lengkap," kata Arief.

"Ini juga cara memberikan kepercayaan kami kepada publik terhadap proses pemilu itu sendiri. Bahwa pemilu transparan, bisa diakses oleh siapa pun dari mana pun dan tahapan apa pun," sambungnya.



Arief kemudian menyebutkan beberapa KPU provinsi yang belum 100 persen menyelesaikan upload data dalam situng pilpres. Beberapa provinsi tersebut adalah:

Aceh 98,5%
Sumatera Selatan 98,8%
Kepulauan Riau 99,6%
Jawa Barat 99,7%
Jawa Timur 99,7%
Kalimantan Selatan 99,8%
Sulawesi Utara 99,9%
Maluku 75,9%
Malut 99,1%
Papua 71%
Papua Barat 79,9%



Simak Juga 'KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Presiden dan Wapres Terpilih':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Situng Sempat Down, KPU: Banyak yang Akses"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com