KPK Panggil 2 GM Pelabuhan Jadi Saksi Kasus RJ Lino

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 02 Jul 2019 10:28 WIB
Foto: Gedung baru KPK (Dhani-detikcom)
Jakarta - KPK memanggil tiga orang menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II. Ketiga saksi akan diperiksa untuk tersangka RJ Lino.

Ketiga saksi itu yakni General Manager cabang Pelabuhan Palembang PT Pelindo II, Agus Edi Santoso, General Manager cabang Pelabuhan Panjang PT Pelindo II, Drajat Sulistyo serta ahli keselamatan dan kesehatan kerja bidang pesawat angkat dan angkut PT Surveyor Indonesia, Ibnu Hasyim.

"Yang bersangkut dipanggil sebagai saksi terkait tersangkat RJL (RJ Lino)," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengaku sedang merampungkan penyidikan perkara korupsi yang menjerat RJ Lino. Dalam sebulan ini, Agus mengatakan perkara itu akan dilimpahkan ke pengadilan.





Lino dijerat KPK sebagai tersangka pada tahun 2015. Dia diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain atau korporasi dalam pengadaan 3 unit Quay Container Crane (QCC) pada tahun 2010. Pada saat itu Lino menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelindo II.

Kerugian negara dalam kasus ini disebut mencapai Rp 60 miliar. KPK pun sempat memeriksa RJ Lino pada 5 Februari 2016.





Dalam pusaran kasus ini Lino diduga menyalahgunakan kewenangannya dengan memerintahkan penunjukan langsung kepada perusahaan asal China untuk pengadaan 3 QCC tersebut. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Lino belum ditahan KPK sampai saat ini.


Simak Juga "KPK Tak Gentar Lawan Praperadilan RJ Lino":

[Gambas:Video 20detik]




Simak Video "KPK Tunggu Hasil Audit BPK Terkait Kasus RJ Lino"
[Gambas:Video 20detik]
(fai/fdn)