Menhan Sudah Panggil Rektor Se-Indonesia Minta Pancasila Masuk Kurikulum

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 01 Jul 2019 18:19 WIB
Ryamizard Ryacudu (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu meminta Pancasila dimasukkan ke kurikulum di semua perguruan tinggi. Ryamizard menyebut telah memanggil rektor se-Indonesia.

"Masalah kurikulum itu udah saya sampaikan 2 bulan lalu, 2 kali saya panggil rektor seluruh Indonesia supaya memasukkan ini kurikulum," kata Ryamizard dalam pertemuannya di Kantor Pemuda Pancasila, Jalan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jaksel, Senin (1/7/2019).


Ryamizard mengatakan merasa prihatin atas banyaknya orang yang terpapar radikalisme dengan paham khilafah. Menurut Menhan, paham khilafah akan menghapus Pancasila.

Selain itu, Ryamizard menyebut Pancasila sebagai pemersatu bangsa tidak boleh ada yang merusak. Kalau sampai rusak, bangsa Indonesia akan hancur.

"Di mana-mana saya sampaikan pancasila itu perekat bangsa. Kalau pemersatu itu rusak, bangsa ini akan rusak. Kalau pemersatu itu hancur, bangsa ini akan hancur," katanya.


Oleh karena itu, kata Menhan, masalah itu harus cepat diatasi dengan pendidikan bela negara yang memasukkan kurikulum pancasila di semua perguruan tinggi seluruh Indonesia.

"Saya sampaikan kepada rektor saya bicara ini sudah kelihatan ini dimasuki masalah paham yang berseberangan dengan Pancasila," pungkasnya.

Simak Video "Jokowi-Ma'ruf Peringati Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya"
[Gambas:Video 20detik]
(gbr/gbr)