Polisi Sebar Kamera E-TLE yang Bisa Cek Pengemudi Main HP di 10 Titik

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Minggu, 30 Jun 2019 19:47 WIB
Foto: Ilustrasi (Agung Pambudhy)
Foto: Ilustrasi (Agung Pambudhy)
Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah kamera-kamera CCTV electronic traffic law enforcement (E-TLE) di wilayah DKI Jakarta bahkan dengan teknologi yang semakin modern. Berikut titik sebaran kamera-kamera tersebut.

"Tercatat, ada 10 kamera E-TLE dengan penambahan fitur terbaru yang akan ditempatkan di 10 titik sepanjang jalan Sudirman-Thamrin," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol M Nasir saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (30/6/2019).


Nasir menyebut kamera-kamera itu memiliki fitur yang lebih cangih dari kamera sebelumnya yang sudah lebih dulu terpasang. Kamera tersebut dapat masuk melihat ke bagian dalam mobil meskipun kaca mobil dalam kondisi gelap.

"Yang baru fitur tambahannya adalah pemakaian seat belt (sabuk pengaman), penggunaan telepon genggam oleh pengemudi, nomor plat ganjil genap dan batas kecepatan pengemudi," ungkap Nasir.


Nasir mengatakan E-TLE sebetulnya sudah diterapkan sejak 1 November 2018 lalu, namun yang saat ini akan diterapkan pada Juli 2019 ialah perluasan titik lokasi E-TLE. Berikut sebaran titik-titik penempatan kamera E-TLE dengan fitur terbaru:

1. Jembatan penyeberangan orang (JPO) MRT Bundaran Senayan.

2. JPO MRT Polda Semanggi.

3. JPO depan Kementerian Pariwisata.

4. Jembatan penyeberangan MRT dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

5. Flyover Jalan Layang Non Tol Sudirman ke Thamrin.

6. Flyover Jalan Layang Non Tol Thamrin ke Sudirman.

7. Simpang bundaran Patung Kuda.

8. Simpang TL Sarinah Bawaslu.

9. Simpang TL Sarinah Starbucks.

10. JPO Plaza Gajah Mada.



Tonton Video Pemprov DKI Dukung Tilang Elektronik di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "BPBD Jakarta Siapkan Toa Rp 4 M, Apa Kata Warga?"
[Gambas:Video 20detik]
(sam/gbr)