Laporan dari Osaka

Jokowi Cerita Putusan Sengketa Pilpres di MK, Erdogan Ucapkan Selamat

Ray Jordan - detikNews
Sabtu, 29 Jun 2019 15:01 WIB
Jokowi dan Erdogan di KTT G20 Osaka (Ray Jordan/detikcom)
Jokowi dan Erdogan di KTT G20 Osaka (Ray Jordan/detikcom)
Osaka - Selesai melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dalam pertemuan itu, Erdogan mengatakan kepada Jokowi rencana kunjungannya ke Indonesia.

Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di ruang pertemuan arena KTT G20 di gedung INTEX Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). Jokowi bertindak selaku penggagas pertemuan tersebut.


Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Erdogan, yang telah memberikan ucapan selamat kepada Jokowi tak lama setelah pengumuman KPU terkait pemenang Pilpres 2019. Jokowi juga menegaskan proses sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) telah selesai.

Jokowi dan Erdogan di KTT G20 OsakaJokowi dan Erdogan di KTT G20 Osaka (Ray Jordan/detikcom)

"Terima kasih, Presiden Erdogan, atas ucapan selamatnya. Semua proses pemilu di Indonesia, termasuk tuntutan pihak lain di Mahkamah Konstitusi, dua hari yang lalu telah selesai," kata Jokowi kepada Erdogan.

Erdogan lantas menjawab sambutan Jokowi dengan mengucapkan lagi selamat kepada Jokowi yang jadi pemenang Pilpres 2019. "Terima kasih, Pak Presiden, dan selamat sekali lagi," kata Erdogan ke Jokowi.


Dalam pertemuan ini, Jokowi dan Erdogan juga membahas soal perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki. Rencananya Erdogan akan berkunjung ke Indonesia tahun depan.

Kedua presiden ini juga sepakat agar perdagangan kedua negara dapat dilipatgandakan. Presiden Turki menawarkan beberapa kerja sama industri strategis. Turki juga menyampaikan dukungan atas pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022.

Untuk diketahui, Erdogan merupakan salah satu kepala negara yang pertama kali menelepon Jokowi untuk menyampaikan ucapan selamat, tak lama setelah hasil quick count terkait Pilpres 2019 diumumkan.


Simak Juga "Jokowi Harapkan Pertemuan AS-Tiongkok Redakan Perang Dagang":

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Cerita Putusan Sengketa Pilpres di MK, Erdogan Ucapkan Selamat


Simak Video "Trump Ancam Matikan Ekonomi Turki Jika Warga Kurdi Dilenyapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rjo/hri)