Round-Up

Teka Teki Nasib Koalisi 02 Usai Putusan MK Terjawab

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 21:30 WIB
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)


Partai lainnya yang tergabung dalam Koalisi 02, Demokrat, menilai koalisi 02 terbentuk dalam rangka mengusung paslon capres-cawapres. Setelah putusan MK menyatakan semua dalil permohonan Prabowo-Sandiaga ditolak sehingga ada capres-cawapres yang dinyatakan sebagai pemenang, maka koalisi pun berakhir.

"Jadi teman-teman, saya harus jelaskan berkali-kali, bahwa koalisi 5 partai politik ini dalam rangka mengusung pasangan calon presiden. Kemarin setelah diketuk oleh MK, tidak ada lagi calon presiden, yang ada adalah presiden terpilih, ada presiden tidak terpilih. Maka koalisi untuk pasangan calon presiden itu telah berakhir," kata Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

Hinca mengatakan, setelah putusan MK, partai kembali pada kedaulatan masing-masing. Sikap PD sendiri bakal ditentukan dalam majelis tinggi partai.



Nasib koalisi pun akhirnya terjawab usai pertemuan antara para petinggi Koalisi 02 yang digelar di Kertanegara. Kini, koalisi itu dinyatakan selesai alias bubar.

"Koalisi yang mengusung pasangan presiden dan calon presiden di dalam pemilu presiden ini 17 April lalu tugas Koalisi Adil dan Makmur dianggap selesai. Oleh karena itu sejak hari ini beliau menyampaikan terima kasih, dan Koalisi Adil dan Makmur selesai," ujar Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat jumpa pers di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).



Tak hanya koalisi, Muzani mengatakan, per hari ini Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga juga berakhir.

"Begitu juga dengan BPN Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi selesai," katanya.
Halaman


Simak Video "Prabowo Mau Beli Jet Tempur Bekas Austria, ICW: Pemborosan!"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)