detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 18:45 WIB

Keluarga Panwascam yang Gugur Saat Pemilu di Riau Terima Santunan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Keluarga Panwascam yang Gugur Saat Pemilu di Riau Terima Santunan Pemberian santunan bagi keluarga anggota Panwascam yang meninggal. (Foto: Chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Bawaslu Riau bersama Pemkab Rokan Hulu (Rohul) menyerahkan santunan kepada keluarga Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang gugur pada Pemilu 17 April 2019. Setiap keluarga menerima dana santunan Rp 36 juta.

"Ada dua keluarga Panwascam di Rohul yang gugur saat menjalankan tugasnya pada pemilu lalu. Masing-masing keluarga terima dana santunan Rp 36 juta," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan Lubis kepada detikcom, Jumat (28/6/2019).


Rusidi menjelaskan, pemberian santunan ini dilakukan di sela acara bimbingan teknis (bimtek) yang digelar Bupati Rohul, Sukiman. Dalam acara tersebut, Bupati Rohul didaulat untuk menyerahkan santunan itu kepada pihak keluarga Panwas.

"Atas nama keluarga besar Bawaslu Riau, Rohul, kami turut berduka cita atas meninggalnya dua Panwascam di Rohul," kata Rusidi.

Rusidi menjelaskan, masa tugas Panwas akan segera berakhir pada 30 Juni 2019. Dengan rentang waktu sisa dua hari lagi, diharapkan semua petugas yang pernah bertugas di Panwascam untuk tetap menjalin silaturahmi.

"Walau hanya tersisa dua hari lagi masa tugas Panwascam, jangan sampai jalinan kekeluargaan berakhir juga. Tetap jalin komunikasi dan silaturahmi," harap Rusidi Lubis.

Adapun dua anggota Panwas yang meninggal dunia dalam tugas adalah Syafrial Dasa dari Pengawas Kelurahan Desa (PKD) Babussalam. Selanjutnya, Salamat Nasution, Bendahara Panwaslu Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam.


Bupati Rohul Sukiman menyampaikan kepada peserta bimtek untuk mengawal pemilu, mengingat Rohul adalah salah satu yang ikut dalam pesta demokrasi 2019.

"Bawaslu dan Panwaslu memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan pemilu," tutup Sukiman.

Simak Video "Ketua KPU Serahkan Santunan ke Ahli Waris KPPS yang Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]

(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com