detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 10:25 WIB

Dukcapil DKI: 35 Ribu Penduduk Non-Permanen Masuk Jakarta Usai Lebaran

Zunita Putri - detikNews
Dukcapil DKI: 35 Ribu Penduduk Non-Permanen Masuk Jakarta Usai Lebaran Ilustrasi (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Dhany Sukma, mengatakan ada 35 ribu penduduk non-permanen yang masuk ke Jakarta usai Lebaran. Penduduk non-permanen sendiri, disebutnya, merupakan warga dengan KTP daerah lain yang baru datang ke Jakarta.

"Hasil pendataan sampai dengan tanggal 26 Juni 2019 pukul 16.00 WIB, itu sudah terindentifikasi sebanyak 35.209 penduduk non-permanen," ujar Dhany kepada wartawan, Jumat (28/6/2019).



Dia mengatakan 35 ribu pendatang itu masih didata terkait apa tujuan mereka ke Jakarta. Nantinya, Dukcapil bakal membuat persentase soal tujuan orang-orang datang ke Jakarta, apakah bekerja atau untuk keperluan pendidikan.

"Kebetulan data masih diolah, ini baru data agregat dulu. Karena data ini nanti kita olah tujuannya, persentase tujuan ke mana saja, apakah pendidikan, apakah bekerja," jelasnya.



Dhany juga menyebut jumlah 35.209 itu masih bisa berubah. Sebab, pihaknya masih terus melakukaan pendataan terhadap penduduk yang ada di Jakarta.

"Ini data ini saya jujur saja belum diolah, masih sifatnya masuk terus, nanti diinput dan akan kita olah," ucapnya.

"Kita teruskan (pendataan) dulu. Nanti kan Juli juga akan lanjutkan, kalau Juli secara sistem pendataan dasawisma," imbuhnya.

Simak Video "Tiadakan Yustisi, Anies: Tak Berarti Undang Orang ke Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com