detikNews
2019/06/28 08:06:04 WIB

Round-Up

Jika Jokowi Suka Jersey '10' Argentina, Tinggal Bayar pada Negara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jika Jokowi Suka Jersey 10 Argentina, Tinggal Bayar pada Negara Jokowi dapat jersey timnas Argentina dari Mauricio Macri Description (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat tantangan untuk kembali bisa jadi teladan untuk lapor gratifikasi. Terkini yaitu soal pemberian oleh-oleh berupa jersey timnas Argentina.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan Jokowi memiliki dua opsi terkait pemberian jersey tersebut. Pertama, Jokowi bisa membayar ke negara seharga barang tersebut atau kedua, menyerahkan ke KPK untuk disita oleh negara dan nantinya dilelang.

"Kalau Pak Jokowi suka dengan jersey tersebut tinggal membayar ke negara senilai harga (barang) tersebut atau diserahkan ke KPK menjadi milik negara nanti kapan-kapan dilelang oleh KPK," kata Saut Situmorang kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).



Jersey yang diterima Jokowi bukan sembarang jersey. Jersey itu diterima Jokowi dari Presiden Argentina Presiden Argentina Mauricio Macri. Jersey tersebut bernomor punggung 10, nomor keramat di timnas Argentina yang saat ini dipakai legenda hidup Albiceleste, Lionel Messi.

Nama 'Jokowi' ada di bagian punggung jersey berwarna setrip putih-biru langit.

Jokowi diberikan jersey nomor 10 saat menerima kunjungan Macri. Macri menyerahkan jersey kepada Jokowi usai memberi pernyataan di Istana Negara.


Tak mau kalah, Jokowi pun memberikan bola sepak kepada Macri. Uniknya, Macri menyundul saat memberikan bola kepada perwakilan Argentina.

Terkait pemberian ini, Saut percaya Jokowi akan melaporkan jersey itu ke KPK. Jokowi memang punya rekam jejak (track record) sebagai pelapor gratifikasi.

"Bercermin sebelumnya dan menunjukan biasanya Pak Jokowi dengan sendirinya melaporkan," ucap Saut.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com