Sidang Sengketa Pilpres

MK Ragukan Bukti Tim 02 Soal Video Pembukaan Kotak Suara di Parkiran Minimarket

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 27 Jun 2019 15:44 WIB
Sidang putusan gugatan Pilpres 2019 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Tim Prabowo-Sandiaga Uno menyertakan bukti adanya pembukaan kotak suara di parkiran Alfamart dalam sidang gugatan Pilpres 2019. Namun kualitas bukti video tersebut diragukan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) karena tak diketahui waktu kejadiannya.

"Pemohon mendalilkan terjadinya pembukaan kotak suara tersegel di parkiran Alfamart, sehingga patut diduga kotak suara tersebut sengaja dibuka dan ditukar dengan kotak suara lain," kata hakim Aswanto saat sidang putusan gugatan Pilpres 2019 di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Namun hakim MK menegaskan kualitas bukti itu tidak valid karena tak ada keterangan tambahan terkait video tersebut.

"Validitas video itu diragukan," sambung Aswanto.



Aswanto menjelaskan tim 02 tak mampu membuktikan siapa petugas di video tersebut dan di mana lokasi video itu diambil. Menurut Aswanto, penggugat hanya memberikan video tanpa adanya keterangan waktu dan tempat.

Selain itu, video tersebut sudah dibantah pihak KPU. Menurut Aswanto, tidak dijelaskan juga korelasi video itu dengan perolehan suara capres 01 dan capres 02.

"Pemohon tidak menjelaskan apa hubungan suara dengan perolehan suara yang diperoleh paslon 01 atau paslon 02," kata Aswanto.



Tonton video MK: Gugatan TSM Tim Prabowo Ditangani Bawaslu:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tim Prabowo Baca Surat An-Nisa Ayat 135 di Penutupan Sidang"
[Gambas:Video 20detik]
(rvk/fjp)