detikNews
2019/06/26 20:00:05 WIB

Round-Up

Siapa yang Tak Mau Jokowi-Prabowo Rekonsiliasi?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Siapa yang Tak Mau Jokowi-Prabowo Rekonsiliasi? Jokowi dan Prabowo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Isu rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto terus bergulir menjelang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan hasil pilpres. Di tengah derasnya isu tersebut, ada pihak yang disebut tidak menyetujui ide rekonsiliasi dua capres pada Pilpres 2019 itu.

Partai Gerindra menyatakan tawaran rekonsiliasi itu datang langsung dari Jokowi. Meski demikian, mereka belum memberi jawaban.

"Kalau Pak Jokowi kan sudah terbuka, minta rekonsiliasi, tapi kami belum memberikan jawaban. Ada proses pengambilan keputusan yang sangat mendalam, sangat komprehensif, dan sangat lengkap di seluruh jajaran partai," kata Ketua DPP Gerindra Sodik Mudjahid di gedung DPR, Senayan, Senin (24/6/2019).

Kini Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan ada pihak yang tak setuju dengan wacana rekonsiliasi itu. Padahal, menurut Moeldoko, proses menuju rekonsiliasi Jokowi dengan Prabowo Subianto berjalan baik.




"Kami mensinyalir proses menuju rekonsiliasi telah berjalan dengan baik, tapi ada kelompok-kelompok yang tidak bisa menerima itu, tidak bisa terima, masih memaksakan diri untuk turun ke jalan," kata Moeldoko saat ditemui di kantor Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Moeldoko tak menyebut pasti nama kelompok yang tak ingin Jokowi dan Prabowo melakukan rekonsiliasi. Namun dia menegaskan pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap kelompok tersebut.

"Kami sudah tahu itu siapa-siapanya, sudah tahu. Kelompok-kelompok mana, sudah kami mapping semua. Kami sudah mewaspadai apabila terjadi sesuatu, apabila terjadi sesuatu pada tanggal 27 atau setelah itu, mudah-mudahan nggak, (kelompok) yang kami kenali (akan turun pada) 26, 27 ini, 26 sedikit ya, 27 ada massa agak-agak (banyak), mudah-mudahan nggak panas sih. Kami sudah siapkan diri dengan baik," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed