Indonesia akan Bahas Isu Sampah Plastik di KTT G20 Osaka

Zakia Liland - detikNews
Rabu, 26 Jun 2019 19:05 WIB
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir (Zakia/detikcom)
Jakarta - Indonesia akan kembali mengangkat isu sampah plastik di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Isu sampah ini sebelumnya disinggung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand.

"Dalam hal ini kan salah satu isu menjadi perhatian Indonesia untuk mengurangi masalah sampah plastik," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di kompleks perkantoran Kemlu, Jalan Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).



Pria yang akrab disapa Tata itu mengatakan isu sampah plastik sangat penting dibahas karena berdampak langsung terhadap lingkungan hidup manusia. Menurut Tata, Indonesia akan mengajak negara lain merealisasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

"Ini yang akan dibahas adalah upaya-upaya yang bisa dilakukan, kerja sama yang akan dilakukan dalam konteks mencapai target-target yang telah disepakati di dalam Paris Agreement," ujar Tata.



Tata menjelaskan komitmen Indonesia mengenai isu sampah plastik ini telah disuarakan di forum ASEAN atau East Asian Summit (EAS). Salah satu kontribusi nyata Indonesia, menurut Tata, adalah membentuk Regional Capacity Center for Clean Seas (RC3S).

"Salah satu isu atau bentuk inisiatif Indonesia dalam hal ini adalah membentuk Regional Capacity Center for Clean Sea dalam rangka kerja sama kawasan untuk mendukung upaya-upaya pencapaian maupun meng-address masalah plastic abuse di laut," jelas Tata.

Simak Video "Indonesia Jadi Tuan Rumah G20 Mulai 1 Desember 2021-31 November 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/knv)