detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 18:08 WIB

Viral Tangga Perempuan dan Laki-laki SMPN 44 DKI Dipisah, Ini Penjelasannya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Viral Tangga Perempuan dan Laki-laki SMPN 44 DKI Dipisah, Ini Penjelasannya Ilustrasi siswa sekolah (Foto: Istock)
Jakarta - Foto tangga di SMP Negeri 44 Jakarta ramai beredar di media sosial. Tangga itu jadi sorotan karena dipisah antara perempuan dan laki-laki. Bagaimana penjelasannya?

Foto yang beredar itu memperlihatkan ada spanduk kecil bertuliskan 'Tangga Laki-Laki' dan 'Tangga Perempuan' di gerbang tangga. Tertulis 'SMP Negeri 44 Jakarta' di bawahnya.

Kepala SMPN 44 Jakarta, Tati Purwanti, lalu memberi penjelasan. Dia membenarkan bahwa tangga di sekolahnya dipisah untuk laki-laki dan perempuan sejak 2017 lalu.

"Iya memang dipisah. Itu sejak kita menempati gedung baru, sejak 2017," kata Tati ketika dihubungi, Rabu (26/6/2019).



Gedung SMPN 44 Jakarta terdiri dari 4 lantai. Kebijakan pemisahan tangga ini lalu diambil setelah Tati dan para guru melihat perilaku siswa SMPN 44 Jakarta yang saling dorong di tangga.

"Laki-laki dan perempuan kalau dibarengin suka ada dorong-dorongan, belum lagi yang coel-coelan. Jadi sebenarnya untuk mencegah itu," ucapnya.

Selain dipisahkan di tangga, siswa laki-laki dan perempuan tetap berbaur di kelas maupun lokasi lain. Selama ini, para siswa tertib mengikuti aturan tersebut.



Tati mengatakan keputusan memisahkan tangga laki-laki dan perempuan didukung oleh wali murid. Meski demikian, Tati menyebut wali murid mengapresiasi pemisahan itu setelah dijalankan.

"Orang tua nggak ada keluhan, mereka malah mendukung," ujar Tati.

Berlaku sejak 2017, pemisahan tangga ini juga tidak dipersoalkan pihak Pemprov DKI. Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, Muhammad Roji, terakhir kali ke sekolah tersebut saat meninjau jalannya UNBK. Dia tidak mempermasalahkan pemisahan tangga tersebut.

"Itu kan gedung 4 lantai, tangganya sangat sempit. Itu supaya menghindarkan tubrukan siswa laki-laki dan perempuan, jadinya dipisahkan. Selama ini tidak ada pengaduan, tidak ada masalah" kata Roji ketika dihubungi terpisah.
(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed