detikNews
2019/06/25 19:15:17 WIB

Round-Up

Puan Redam Isu Suksesi PDI Perjuangan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Puan Redam Isu Suksesi PDI Perjuangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat bersama Ketua DPP PDIP nonaktif sekaligus putrinya Puan Maharani. (Foto: dok. PDIP)
Jakarta - Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tinggal hitungan bulan. Nama Puan Maharani diisukan menjadi suksesor ketua umum parpol yang juga ibunya, Megawati Soekarnoputri. Namun isu ini diredam oleh Puan.

Dalam kongres yang akan digelar Agustus nanti di Bali itu, isu regenerasi di tubuh PDIP sempat menguat. Pasalnya, surat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP diteken langsung oleh putra Megawati, Prananda Prabowo. Salah satu agenda dari Rakernas IV PDIP adalah percepatan dilaksanakannya Kongres V PDIP.

Putra Megawati, Prananda Prabowo (kiri) diisukan menggantikan posisi Mega di parpol.Putra Megawati, Prananda Prabowo (kiri), diisukan menggantikan Mega di parpol. (Dikhy Sasra/detikcom)

"Percepatan Kongres V, selain untuk menyesuaikan dengan agenda pemerintahan negara, juga untuk menyusun seluruh agenda strategis partai pasca-Pemilu 2019, dan sebagai langkah preemptive bagi tugas ideologis-strategis partai ke depan. Itulah yang menjadi intisari pemikiran Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Jumat (14/6).


Selain Prananda, nama Puan diisukan melanjutkan estafet kepemimpinan di PDIP. Namun elite PDIP menepis Megawati akan meletakkan jabatan ketumnya. PDIP menegaskan Megawati masih dibutuhkan hingga saat ini. Hanya, memang ada wacana penunjukan ketua harian atau wakil ketua umum untuk melaksanakan tugas harian PDIP.

"Memang ada wacana apakah nanti ada ketua harian maupun wakil ketua umum. Mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," kata politikus senior PDIP Pramono Anung di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed