detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 17:18 WIB

Kunjungi PMPP Sentul, Wasekjen PBB Puji Pasukan Perdamaian TNI

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kunjungi PMPP Sentul, Wasekjen PBB Puji Pasukan Perdamaian TNI Foto: Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Operasi Pemeliharaan Perdamaian Jean-Pierre Lacroix (memakai jas) mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Bogor. (Farih-detikcom)
Bogor - Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Operasi Pemeliharaan Perdamaian Jean-Pierre Lacroix mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Bogor. Jean-Pierre Lacroix memuji pasukan perdamaian TNI.

Jean-Pierre Lacroix beserta empat orang rombongan PBB lainnya tiba di PMPP TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 11.35 WIB, Selasa (25/6/2019). Rombongan disambut Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Victor Hasudungan Simatupang.


Kedatangan rombongan PBB itu disambut dengan tari tor-tor dan diberi kain ulos. Mereka lalu diajak ke sebuah tempat bernama 'Shanti Dharma'. Di tempat itu, rombongan PBB diberi penjelasan soal sejarah dan berbagai fasilitas serta kegiatan di PMPP TNI.

Setelah itu, rombongan PBB diajak ke sebuah ruangan dan menggelar rapat tertutup. Jean-Pierre Lacroix mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari TNI. Lacroix menyebut Indonesia memiliki masa depan yang bagus untuk pasukan perdamaian dunia.

Lacroix yakin Indonesia bukan hanya mampu mempersiapkan pasukan pemelihara perdamaian. Lebih dari itu, Indonesia dapat menjadi model dan tempat berbagi pengalaman bagi negara-negara lain dalam upaya mempersiapkan pasukan untuk berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia.

"Kita tahu bahwa pasukan penjaga perdamaian dari Indonesia sangat profesional dan memiliki pelayanan yang baik. Saya sangat bangga," kata Lacroix di PMPP, Sentul, Bogor.

Kunjungi PMPP Sentul, Wasekjen PBB Puji Pasukan Perdamaian TNIFoto: Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Operasi Pemeliharaan Perdamaian Jean-Pierre Lacroix mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Bogor. (Farih-detikcom)

Sementara itu, Komandan PMPP TNI Brigadir Jenderal TNI Victor Hasudungan Simatupang mengatakan pertemuan itu untuk mendiskusikan keinginan TNI supaya dapat berkontribusi dalam misi perdamaian di Mali. Victor menyebut pasukan perdamaian dari TNI ingin mengirim helikopter ke Mali. Namun, Victor belum menyebut kapan rencana tersebut diwujudkan.

"Tadi kami berdiskusi dengan beliau bahwa Indonesia berkeinginan untuk berkontribusi mengirimkan helikopter, sudah berdiskusi juga dengan Bapak Panglima. Misi itu nanti akan diadakan di Mali," kata Victor.

"Mungkin nanti beliau (Jean-Pierre Lacroix) yang akan menginformasikan lebih lanjut. Tapi hari ini kita telah mengirimkan satu orang military of server di Mali," sambung Victor.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed