Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 25 Jun 2019 17:18 WIB
Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia/Foto: Kampus UI Depok (dok UI)
Jakarta - Menuntut ilmu di universitas terbaik di Indonesia pasti menjadi mimpi sebagian orang. Bahkan, beberapa akan belajar keras demi menggapai keinginannya.

Nah, lembaga pemeringkat universitas terbaik di dunia QS World University Ranking merilis daftar universitas terbaik di seluruh dunia tahun 2019-2020 termasuk Indonesia.

Data dari QS World University Ranking menjadi acuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengukur kualitas universitas di Indonesia agar berstandar internasional. QS World University Ranking menganalisis universitas terbaik berdasarkan beberapa indikator, yakni predikat fakultas, reputasi pengajar dan pekerja, fakultas internasional dan mahasiswa internasionalnya.

Dalam survei kali ini, QS World University Ranking mengurutkan 1.001 universitas dari seluruh dunia. Dari angka tersebut, sebanyak 9 universitas di Indonesia masuk.

Berikut 9 universitas terbaik di Indonesia 2019-2020:



1.Universitas Indonesia

Universitas yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini mampu menempati ranking pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk di dunia ia mampu menempati peringkat ke 296.


2. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang juga didapuk sebagai universitas terbesar di Indonesia ini menempati posisi kedua di Indonesia dan posisi 320 di dunia.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menempati ranking ketiga di Indonesia atau ke 331 di dunia. Kampus itu awalnya dibuka sebagai cabang dari Institut Teknologi Delft Belanda. Namun, tahun 1959 universitas yang terletak di kota Bandung ini memutuskan untuk berdiri sendiri.

4. Institut Pertanian Bogor

Sekolah yang baru-baru ini memutuskan untuk mengganti namanya menjadi IPB University ini, ternyata mampu berada di posisi ke 4 sebagai universitas terbaik di Indonesia atau posisi ke 601-650 di dunia.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga mampu menduduki posisi ke 5. Hal ini berkat peningkatan ranking universitas terbaik di dunia dari sebelumnya di posisi 751 menjadi ranking 651-700.


6. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran menduduki ranking ke 751-800 di dunia atau nomor 6 di Indonesia. Padahal, pertama kali membuka kampusnya hanya terdapat empat fakultas, yakni Hukum, Ekonomi, Kedokteran, serta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun seiring dengan banyaknya peminat, maka semakin banyak fakultas yang dibuka.


7. Bina Nusantara University (Binus)

Binus menjadi satu-satunya universitas swasta yang mampu masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. Sekolah ini awalnya didirikan sebagai bisnis keluarga yang bergerak di bidang pendidikan komputer dan sekarang mampu masuk urutan 801-1.000 di dunia atau urutan 6 terbaik di Indonesia.

8. Universitas Dipenogoro

Sama halnya dengan Binus, Universitas yang terletak di kota Semarang ini juga berada di urutan ke 801-1.000 di dunia atau urutan 8 terbaik di Indonesia. Awalnya universitas ini didirikan sebagai perguruan tinggi swasta. Namun, akhirnya mendapatkan status sebagai perguruan tinggi negeri di tahun 1961.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir, universitas yang lebih dikenal dengan nama ITS ini juga mampu masuk menjadi urutan ke 801-1.000 di seluruh dunia atau urutan ke 9 universitas terbaik di Indonesia. (pay/nwy)