detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 13:02 WIB

Menteri Siti Sebut RI Ambil Peran Bahas Isu Sampah Plastik di KTT ASEAN

Rolando - detikNews
Menteri Siti Sebut RI Ambil Peran Bahas Isu Sampah Plastik di KTT ASEAN Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut isu sampah plastik akan dibahas dalam KTT ASEAN di Bangkok, Thailand. Siti menyebut Indonesia akan ikut ambil bagian dalam rangka mengurangi sampah plastik.

"Kita sih sebetulnya Indonesia tidak ketinggalan kalau mengurangi sampah plastik. Kita sudah punya peraturan presiden untuk rencana aksi. Kita juga punya peraturan presiden tentang penangan khusus sampah plastik yang di laut," ujar Siti di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Bogor, Minggu (23/6/2019).

Upaya pengurangan sampah plastik oleh pemerintah daerah pun dinilai Siti sudah ada. Namun, diakui Siti, memang belum semua daerah menerapkan hal tersebut.

"Praktik-praktik yang dilakukan oleh pemerintah daerah sudah ada. Hanya memang baru kira-kira 29-30-an kota dan ibu kota kabupaten yang menerapkan sampah plastik," katanya.


"Jadi sebetulnya kalau dari langkah-langkah dan rencana kerja, Indonesia nggak ketinggalan. Apalagi di dalam pertemuan internasional penanganan pencemaran lingkungan, Indonesia itu cukup memimpin gitu ya," imbuh Siti.

Sebelumnya, Siti mengatakan Indonesia juga tidak kalah dengan negara lain soal pembahasan isu-isu soal polusi laut. Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Siti, juga siap mengulas soal masalah sampah laut ini di KTT ASEAN di Bangkok, Thailand.

"Bapak Presiden saya baca di media, juga akan membawa masalah-masalah ini ke KTT ASEAN hari ini di Bangkok. Saya kira Indonesia nggak ketinggalanlah soal sampah, terutama sampah plastik karena Bapak Presiden sudah mengeluarkan Peraturan Presiden No 83 tahun lalu untuk koordinasi penanganan sampah di laut," ujar Siti saat meninjau Tukad Badung di Taman Kumbasari, Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali, Kamis (20/6).


Tonton video PM Thailand Ucapkan Selamat Jokowi Terpilih Kembali:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com