detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 11:43 WIB

Pakai Ikat Kepala, Warga Kaltim Deklarasi Tolak Kerusuhan

Suriyatman - detikNews
Pakai Ikat Kepala, Warga Kaltim Deklarasi Tolak Kerusuhan Foto: Suriyatman-detikcom
Balikpapan - Puluhan ribu warga Kalimantan Timur mendeklarasikan diri menolak kerusuhan. Deklarasi ini dibarengi dengan kegiatan jalan sehat dalam rangka peringatan HUT ke-73 Bhayangkara.

Kegiatan jalan sehat dan deklarasi ini diadakan oleh Polda Kaltim di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (23/6/2019). Puluhan ribu masyarakat berkumpul dan sebagian besar tampak mengenakan ikat kepala bertuliskan #kamimenolakkerusuhan

Tampak hadir dan ikut mendeklarasikan 'Menolak kerusuhan di Kalimantan Timur' yakni Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, perwakilan Pemprov Kaltim yang mewakili Gubernur Kaltim, serta tokoh masyarakat hingga tokoh agama yang semuanya mengguanakan ikat kepala bertuliskan #kamimenolakkekerasan.

Pakai Ikat Kepala, Warga Kaltim Deklarasi Tolak KerusuhanFoto: Suriyatman-detikcom

"Kami masyarakat Kalimantan Timur menyatakan menerima apapun hasil keputusan Mahkamah Konstitusi agar Kalimantan Timur tetap aman dan damai. Menolak segala bentuk kerusuhan yang bisa menganggu kondusifitas Kalimantan Timur. Tetap menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," demikian isi deklarasi tersebut.

Dalam kegiatan jalan sehat dan deklarasi damai ini panitia menyiapkan sejumlah hadiah. Di antaranya ada 10 sepeda motor, paket umrah, dan ratusan barang elektronik disiapkan untuk masyarakat yang beruntung.


Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menolak adanya aksi provokasi atau hasutan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan warga Kaltim. Dia menegaskan agar warga Kaltim bisa menerima apapun hasil keputusan Mahkamah Konstitusi nanti.

"Kami mengajak seluruh masyarakat menjaga keutuhan dan kedamaian yang sudah tercipta di Indonesia. Jangan sampai mudah terhasut oleh isu-isu ataupun kelompok yang mau memecah belah persaudaraan pasca pemilu ini," ujarnya.
Pakai Ikat Kepala, Warga Kaltim Deklarasi Tolak KerusuhanFoto: Suriyatman-detikcom


Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengapresiasi acara jalan sehat yang dipadukan dengan pernyataan tegas warga menolak kerusuhan di 'Bumi Etam', khususnya Kota Balikpapan.

"Warga Kaltim, khususnya Balikpapan sudah menyatakan untuk menolak kerusuhan. Kami merespons baik kegiatan ini. Tetap selalu jaga perdamaian," kata Rizal.
(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com